Materi Biologi Karakteristik Dasar Makhluk Hidup

karena pada saat menulis materi ini di daerah saya masih pagi, jadi Selamat pagi guys 😀 , yo langsung saja kali ini saya akan membahas Materi Biologi tentang Karakteristik Makhluk Hidup. 


Materi Biologi Karakteristik Dasar Makhluk Hidup

Berikut ini adalah Karakteristik Dasar Makluk Hidup :

  • Makhluk Hidup disusun Oleh SEL

Makhluk Hidup disusun Oleh SEL  

     Setiap makhluk hidup itu terdari dari satu sel ( uniseluler ) atau terdiri dari banyak sel ( multiseluler ). Setiap sel itu dilindungi oleh membran yang memisahkannya dari lingkungan.

  • Makhluk Hidup Mengalami Pertumbuhan dan Perkembangan
    

Makhluk Mengalami Pertumbuhan dan Perkembangan

     Makhluk hidup mengalami pertumbuhan, yaitu perubahan ukuran sel menjadi semakin besar ataupun pertambahan jumlah sel. pertambahan tinggi atau pertambahan berat suatu organisme merupakan tolak ukur pertumbuhan yang teramati oleh kita. Sejalan dengan pertumbuhan itu, sel-sel makhluk hidup akan mengalami perkembangan. Perkembangan itu meliputi perubahan sel menjadi bentuk yang berada dan menjalankan suatu fungsi tertentu. Contoh, proses perkembangan adalah setiap manusia berasal dari sel telur yang dibuahi yang kemudian berkembang menjadi berbagai sel yang memiliki bentuk dan fungsi tertentu.

  • Makhluk Hidup Melakukan Proses Metabolisme


Makhluk Hidup Melakukan Proses Metabolisme


     Di dala tubuh makhluk hidup terjadi berbagai reaksi penyusunan dan penguraian senyawa - senyawa, yang disebut metabolisme. metabolisme itu bersifat terus - menerus, sehinggan tubuh makhluk hidup selalu dalam keadaan homeostatis,  yaitu keadaan lingkungan internal yang seimbang dan konstan.

  • Makhluk Hidup Memberikan Respons Terhadap Rangsangan




     Setiap makhluk hidup memiliki sensitifitas terhadap rangsangan, baik yang berasal dari dalam tubuh maupun yag berasal dari luar tubuh. Contoh, Rangsangan yang diterima oleh makhluk hidup antara lain adanya perubahan warna, arah, intensitas cahaya, suhu, tekanan, kadar air, dan suara.

  • Makhluk Hidup Melakukan Reproduksi


Makhluk Hidup Bereproduksi


     Makhluk Hidup dapat mempertahankan jenisnya karena kemampuannya untuk melakukan reproduksi, saat reproduksi, materi herediter dari induk diwariskan kepada keturunannya.

  • Makhluk Hidup Mampu Beradaptasi terhadap Lingkungan


Makhluk Hidup Beradaptasi terhadap Lingkungan


       Pada umumnya setiap makhluk hidup itu mampu beradaptasi sehinngga dapat bertahan hidup , namun yang membedakan adalah berapa lama makhluk hidup itu beradaptasi dengan lingkungan.

itulah Materi Biologi Karakteristik Dasar Makhluk Hidup yang dapat saya sampaikan, jika ada kesalahan dalam penulisan dimohon untuk mengontak kami melalui Chatting di Fans Page Mencari-pelajaran. semoga materi yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kalian semua. jangan pernah bosan untuk belajar dan Mencari Pelajaran. Terima kasih 👍👍👍

0 Response to "Materi Biologi Karakteristik Dasar Makhluk Hidup"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel