Dinkes Kota Cilegon Targetkan 112.095 Anak Divaksin Rubella Selama 2 Bulan

Dinkes Kota Cilegon Targetkan 112.095 Anak Divaksin Rubella Selama 2 BulanFoto: Mumammad Iqbal

Jakarta, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon menargetkan 112.095 anak mendapat vaksin Measles Rubella (MR). Vaksinasi terhadap 112.095 anak itu akan dilakukan selama dua bulan mulai bulan Agustus sampai September mendatang.

"Mulai dari sekarang ini bawah umur sekolah kan suatu dikala hamil, bukan ibu hamilnya yang saya suntik sekarang ini jangka panjang," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon, Arrianda kepada wartawan di Cilegon, Banten, Rabu (2/8/2017).

Ia menyatakan, vaksinasi rubella itu diberika kepada anak usia 9 bulan sampai 15 tahun. dari jumlah 112.095 anak di Cilegon sejumlah 6.392 merupakan bayi. Jumlah itu diklaim mencapai sepertiga warga Kota Cilegon.

Arrianda melanjutkan, kalau seseorang terserang rubella, maka yang akan timbul ialah kecacatan, apalagi, lanjut dia, kalau rubekla terkena ibu hamil maka yang akan timbul ialah bayi yang lahir mampu terkena kebutaan.

"Kalau rubella itu kalau terserang kesannya mampu timbul kecacatan, apalagi kalau yang terkena itu ibu hamil maka bayi yang lahir itu mampu terkena buta, atau kecacatan. Artinya kita mengharapkan bahwa sasaran itu, ini aktivitas percepatan nasional dalam rangka mengeliminasi penyakit itu di Indonesia," paparnya.

Baca juga: Mengenal Vaksin MR, Pengganti MMR yang Stoknya Sudah Lama Kosong

Pemerintah sendiri menargetkan Indnesia bebas dari penyakit yanng ditimbulkan oleh rubella. dengan demikian, pencegahan penyakit itu dilakukan dengan vaksinasi pada tahun ini.

"Di tahun 2020 itu diperlukan kita dapat mengeliminasi penyakit ini tidak ada lagi di negara kita tapi ini harus dilakukan secara menyeluruh. Mulai dari sekarang ini bawah umur sekolah kan suatu dikala hamil, bukan ibu hamilnya yang saya suntik sekarang ini jangka panjang," kata dia.

Campak dan Rubella merupakan penyakit yang disebabkan karena virus Rubella atau yang sering disebut dengan campak Jerman. Penyakit ini banyak menyerang bawah umur sampai usia remaja. Jika menyerang ibu hamil di usia kandungan yang masih muda mampu menjadikan bayinya cacat dikala lahir.

"Gejala klinis atau anda-tandanya biasanya demam, diare, dan timbul bercak merah," tutupnya.

Baca juga: Demam dan Ruam Merah Saat Hamil? Waspada Rubella Nular ke Janin


Sumber detik.com

0 Response to "Dinkes Kota Cilegon Targetkan 112.095 Anak Divaksin Rubella Selama 2 Bulan"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel