Ini Cara Kerja Dumolid dan Efek Sampingnya Jika Disalahgunakan

Ini Cara Kerja Dumolid dan Efek Sampingnya Jika DisalahgunakanDumolid atau nitrazepam termasuk obat penenang yang sering disalahgunakan.

Jakarta, Aktor Tora Sudiro bersama sang istri Mieke Amalia harus digiring oleh polisi setelah tertangkap menyimpan 30 butir Dumolid. Dalam dunia medis, Dumolid termasuk obat golongan benzodiazepine dengan kandungan zat aktif nitrazepam yang dikonsumsi untuk mengatasi insomnia. Bagaimana cara kerjanya?

Pakar kesehatan tidur dari RS Medistra Jakarta, dr Rimawati Tedjasukmana, SpS, RPSGT, menjelaskan bahwa dumolid atau nitrazepam yakni sejenis obat untuk orang dengan insomnia sementara. Artinya, insomnia yang dialami masih kurang dari waktu satu bulan.

"Semua obat golongan nitrazepam kerjanya di otak," terang dr Rimawati, yang juga seorang dokter seorang andal saraf.

Cara kerja obat ini sendiri akan membuat orang merasa mengantuk dan gres akan mencicipi efeknya setelah terbangun dari tidur.

Baca juga: Tora Sudiro Ditangkap dengan 30 Butir Dumolid, Obat Apakah Itu?

Namun, bahayanya, efek samping dari penggunaan obat ini biasanya menyebabkan kecanduan dan ketergantung pada obat. Orang yang sudah terbiasa menggunakan obat ini akan menjadi sulit untuk tidur jikalau tidak mengonsumsinya terlebih dahulu. Lantas, untuk apa ada orang yang menyalahgunakan obat ibarat ini?

"Penyalahgunaan obat-obatan golongan ini akan membuat orang menjadi tenang, nggak gelisah, orang mungkin lebih mampu high," pungkasnya.

Baca juga: Waduh, Obat Keras Dumolid Banyak Dijual Online!


Sumber detik.com

0 Response to "Ini Cara Kerja Dumolid dan Efek Sampingnya Jika Disalahgunakan"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel