Cara Membersihkan Telinga dengan Baik, Benar, dan Aman

Cara Membersihkan Telinga yang Baik, Benar, dan Aman_Setiap orang pasti pernah mencicipi gatal di sekitar area telinga, entah itu di area indera pendengaran luar maupun dalam. Gatal yang dirasakan di area dalam indera pendengaran kebanyakan karena  terindikasi adanya kotoran di lubang telinga. Walaupun begitu, kotoran indera pendengaran bahu-membahu ialah merupakan zat alami yang memiliki kegunaan untuk membantu melindungi indera pendengaran sekaligus liang telinga. Jangan hingga kotoran di dalam indera pendengaran Anda menumpuk, alasannya mampu mengganggu pendengaran. Berhati-hatilah juga ketika membersihkannya, jangan hingga merusak adegan sensitif yang ada di telinga. Lalu, bagaimana sebaiknya membersihkan indera pendengaran supaya aman dan dari segi caranya sudah dinilai benar? Simak gosip selengkapnya, berikut ini.
Cara Membersihkan Telinga dengan Baik, Benar, dan Aman
A. Persiapan Sebelum Memulai Membersihkan Telinga

1. Pastikan Anda tidak mempunyai nanah telinga
Jika Anda mempunyai nanah telinga, maka sebaiknya jangan mencoba-coba untuk membersihkannya. Karena mampu menjadikan gendang indera pendengaran Anda sobek. Kondisi lain yang dilarang bagi Anda untuk membersihkan indera pendengaran sendiri adalah:
  • Mempunyai duduk perkara terkait dengan pembersih indera pendengaran sebelumnya
  • Mempunyai riwayat gendang indera pendengaran sobek
  • Mengalami keluar cairan dari dalam indera pendengaran sebelumnya
2. Kunjungi dokter jago jikalau Anda ragu
Jika Anda benar-benar tidak tahu setiap resiko yang akan Anda terima ketika membersihkan indera pendengaran menggunakan metode apapun, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter jago terdekat.

B. Cara Membersihkan Telinga

1. Cara Membersihkan Bagian Luar Telinga (Daun Telinga)
Telinga adegan luar merupakan adegan yang paling mudah dibersihkan, alasannya hampir semua adegan terlihat dan terjangkau. Langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk membersihkan adegan luar indera pendengaran adalah:
  • Siapkanlah cotton bud dari kapas yang berbentuk menyerupai pentol korek api
  • Basahi dengan air hangat yang tercampur baby oil
  • Perlahan-lahan oleskan dari depan daun indera pendengaran (mulai dari adegan luar yang teratas ke lengkungan atas lanjutkan ke bawah)
  • Celup kembali cotton budke campuran air hangat dan baby oil, kemudian ulangilah cara diatas 3x, lalu bilas hingga bersih
  • Keringkanlah indera pendengaran dengan handuk yang halus, bersih dan kering
  • Lakukan aktivitas ini minimal seminggu 1x
2. Cara Membersihkan Bagian Dalam Telinga (Lubang Telinga)
Cara membersihkan adegan dalam indera pendengaran cenderung rumit, alasannya adegan dalam indera pendengaran sensitif dan cukup sulit dibersihkan. Jika salah membersihkan, mampu jadi kotoran malah menumpuk atau mampu juga merobek gendang telinga. Perhatikan panduan berikut jikalau Anda ingin terhindar dari hal yang tidak diinginkan:
  • Jangan menggunakan ear cadling atau cotton bud. Karena 2 benda ini dianggap berbahaya jikalau Anda menggunakannya untuk membersihkan adegan dalam telinga. Akan tetapi, jikalau Anda sekiranya sudah lihai menggunakan cotton bud, perhatikan dan berhati-hatilah supaya jangan hingga merusak gendang telinga.
  • Bersihkan hanya dengan menggunakan baby oil atau cairan pembersih khusus adegan dalam indera pendengaran yang terjual bebas di apotik. Teteskan sebanyak 2 atau 5 tetes kedalam indera pendengaran Anda sebelum tidur pada malam hari. Kemudian pada esok paginya, Anda bisamengelap dengan kain hangat kotoran yang keuar dari dalam telinga.
  • Jangan sekali-kali mencobamenyemprotkan suatu cairan apapun ke adegan dalam indera pendengaran Anda. Karena jikalau semprotannya terlalu kuat, membran tipani Anda akan rusak.
  • Konsumsilah vitamin C setiap hari secara teratur, alasannya hal tersebut diyakini mampu membantu mengeluarkan kotoran adegan dalam indera pendengaran Anda secara alami.
  • Jika Anda masih mencicipi indera pendengaran adegan dalam Anda penuh kotoran setelah seminggu lamanya sejakn dilakukan pembersihan, segeralah konsultasikan dengan dokter.
Demikianlah gosip yang dapat saya ulas terkait bagaimana caranya membersihkan indera pendengaran secara baik, benar dan aman. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Membersihkan Telinga dengan Baik, Benar, dan Aman"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel