Rangkuman, Contoh Soal dan Pembahasan Sifat Koligatif Larutan

Materi Sifat Koligatif Larutan - Oke kali ini mimin mau bagikan wacana rangkuman materi sifat koligatif larutan. rangkuman ini insyaallah cukup lengkap alasannya ialah disertai dengan pola soal dan pembahasan sifat koligatif larutan.

selain itu juga ada ulasan mengenai penerapan sifat koligatif larutan dalam kehidupan sehari-hari. semoga dapat membantu temen-temen buat berguru ya. 

A. Rangkuman Materi Sifat Koligatif Larutan


Rangkuman, Contoh Soal dan Pembahasan Sifat Koligatif Larutan

1. Molalitas
Molalitas ialah besaran yang memiliki kegunaan untuk menghitung jumlah zat terlarut yang dinyatakan dalam mol dan jumlah pelarut dalam kilogram.


2. Fraksi mol
Fraksi mol merupakan satuan konsentrasi yang semua komponen larutannya dinyatakan berdasarkan mol. Total fraksi mol = 1


3. Sifat koligatif larutan nonElektrolit
Sifat koligatif bergantung pada jumlah zat yang terlarut pada larutan. Sifat koligatif terdiri atas penurunan tekanan uap (ΔP), kenaikan titik didih (ΔTb) dan penurunan titik beku (ΔTf), dan tekanan osmotik.

a. Penurunan tekanan uap (ΔP)



b. Kenaikan titik didih (ΔTb)
ΔTb= Kb × m atau ΔTb = Tb – Tbo

c. Penurunan titik beku (ΔTf)
ΔTf = Kf × m atau ΔTf = Tfo – Tf

d. Tekanan osmotik (Ï€)
Ï€ = MRT

4. Sifat koligatif larutan elektrolit
Sifat koligatif larutan elektrolit bergantung pada bilangan faktor Van’t Haff. Jadi, perhitungan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, dan tekanan osmotik dikalikan dengan faktor Van’t Hoff (i).
i = 1 + (n – 1)α

a. Penurunan tekanan uap jenuh
ΔP = xBP° {1 + (n – 1) α}

b. Kenaikan titik didih
ΔTb = Kb.m.i  atau  Î”Tb = Kb.m.{1 + (n – 1) α}

c. Penurunan titik beku
ΔTf  = Kf .m.i  atau  Î”Tf  = Kf.m.{1 + (n – 1) α}

d. Tekanan osmotik
Ï€ = MRT.i   atau  Ï€ = MRT {1 + (n – 1) α}

B. Penerapan Sifat Koligatif Larutan DAlam Kehidupan Sehari-hari

A. Penurunan Tekanan Uap
Laut mati ialah pola dari terjadinya penurunan tekanan uap pelarut oleh zat terlarut yang tidak mudah menguap. Air berkadar garam sangat tinggi ini terletak di kawasan gurun yang sangat panas dan kering, serta tidak berafiliasi dengan laut bebas, sehingga konsentrasi zat terlarutnya semakin tinggi.

B. Penurunan Titik Beku

1. Membuat Campuran Pendingin
Cairan pendingin ialah larutan lembap yang memiliki titik beku jauh di bawah 0 C. Cairan pendingin digunakan pada pabrik es, juga digunakan untuk membuat es putar. Cairan pendingin dibuat dengan melarutkan aneka macam jenis garam ke dalam air.
          
Pada pembuatan es putar cairan pendingin dibuat dengan mencampurkan garam dapur dengan bagian es kerikil dalam sebuah ember berlapis kayu. Pada pencampuran itu, es kerikil akan mencair sedangkan suhu campuran turun. Sementara itu, campuran materi pembuat es putar dimasukkan dalam ember lain yang terbuat dari materi stainless steel. Bejana ini kemudian dimasukkan ke dalam cairan pendingin, sambil terus-menerus diaduk sehingga campuran membeku.

2. Antibeku pada Radiator Mobil
Di kawasan beriklim dingin, ke dalam air radiator biasanya ditambahkan etilen glikol. Di kawasan beriklim dingin, air radiator mudah membeku. Jika keadaan ini dibiarkan, maka radiator kendaraan akan cepat rusak. Dengan penambahan etilen glikol ke dalam air radiator diperlukan titik beku air dalam radiator menurun, dengan kata lain air tidak mudah membeku.

3. Antibeku dalam Tubuh Hewan
Hewan-hewan yang tinggal di kawasan beriklim dingin, ibarat beruang kutub, memanfaatkan prinsip sifat koligatif larutan penurunan titik beku untuk bertahan hidup. 

Darah ikan-ikan laut mengandung zat-zat antibeku yang mempu menurunkan titik beku air sampai 0,8 C. Dengan demikian, ikan laut dapat bertahan di demam isu hirau taacuh yang suhunya mencapai 1,9 C alasannya ialah zat antibeku yang dikandungnya dapat mencegah pembentukan kristal es dalam jaringan dan selnya. 

4. Antibeku untuk Mencairkan Salju
Di kawasan yang mempunyai demam isu salju, setiap hujan salju terjadi, jalanan dipenuhi es salju. Hal ini tentu saja membuat kendaraan sulit untuk melaju. Untuk mengatasinya, jalanan bersalju tersebut ditaburi campuran garam NaCL dan CaCl2. 

Penaburan garam tersebut dapat mencairkan salju. Semakin banyak garam yang ditaburkan, akan semakin banyak pula salju yang mencair.

5. Menentukan Massa Molekul Relatif (Mr)
Pengukuran sifat koligatif larutan dapat digunakan untuk menentukan massa molekul relatif zat terlarut. Hal itu dapat dilakukan alasannya ialah sifat koligatif bergantung pada konsentrasi zat terlarut. Dengan mengetahui massa zat terlarut (G) serta nilai penurunan titik bekunya, maka massa molekul relatif zat terlarut itu dapat ditentukan.

C. Penerapan Tekanan Osmosis

1.  Mengontrol Bentuk Sel
Larutan-larutan yang mempunyai tekanan osmosis yang sama disebut isotonik. Larutan-larutan yang mempunyai tekanan osmosis lebih rendah daripada larutan lain disebut hipotonik. Sementara itu, larutan-larutan yang mempunyai tekanan osmosis lebih tinggi daripada larutan lain disebut hipertonik.

Contoh larutan isotonik ialah cairan infus yang dimasukkan ke dalam darah. Cairan infus harus isotonik dengan cairan intrasel semoga tidak terjadi osmosis, baik ke dalam ataupun ke luar sel darah. Dengan demikian, sel-sel darah tidak mengalami kerusakan.

2. Mesin Cuci Darah
Pasien penderita gagal ginjal harus menjalani terapi basuh darah. Terapi menggunakan metode dialisis, yaitu proses perpindahan molekul kecil-kecil ibarat urea melalui membran semipermeabel dan masuk ke cairan lain, kemudian dibuang. Membran tak dapat ditembus oleh molekul besar ibarat protein sehingga akan tetap berada di dalam darah.

3. Pengawetan Makanan
Sebelum teknik pendinginan untuk mengawetkan makanan ditemukan, garam dapur digunakan untuk mengawetkan makanan. Garam dapat membunuh mikroba penyebab makanan anyir yang berada di permukaan makanan.

4. Membasmi Lintah
Garam dapur dapat membasmi hewan lunak, ibarat lintah. Hal ini alasannya ialah garam yang ditaburkan pada permukaan badan lintah bisa menyerap air yang ada dalam badan sehingga lintah akan kekurangan air dalam tubuhnya.

5. Penyerapan Air oleh Akar Tanaman
Tanaman membutuhkan air dari dalam tanah. Air tersebut diserap oleh tanaman melalui akar. Tanaman mengandung zat-zat terlarut sehingga konsentrasinya lebih tinggi daripada air di sekitar tanaman sehingga air dalam tanah dapat diserap oleh tanaman.

6. Desalinasi Air Laut Melalui Osmosis Balik
Osmosis balik ialah penyerapan pelarut dari larutan ke pelarut, atau dari larutan yang lebih pekat ke larutan yang lebih encer. Osmosis balik terjadi kalau kepada larutan diberikan tekanan yang lebih besar dari tekanan osmotiknya.

Osmosis balik digunakan untuk membuat air murni dari air laut. Dengan memberi tekanan pada permukaan air laut yang lebih besar daripada tekanan osmotiknya, air dipaksa untuk merembes dari air asin ke dalam air murni melalui selaput yang permeabel untuk air tetapi tidak untuk ion-ion dalam air laut. Tanpa tekanan yang cukup besar, air secara spontan akan merembes dari air murni ke dalam air asin.

Penggunaan lain dari osmosis balik yaitu untuk memisahkan zat-zat beracun dalam air limbah sebelum dilepas ke lingkungan bebas.

C. Contoh Soal dan Pembahasan Sifat Koligatif Larutan

Soal No. 1

Ke dalam 250 gram air dilarutkan 8,7 gram K2SO4 (Mr = 174). Jika Kb air ialah 0,52°C/molal, tentukan kenaikan titik didih larutan tersebut!


Pembahasan

Kenaikan titik didih untuk Larutan Elektrolit, gunakan rumus berikut: 

Rumus Kenaikan Titik Didih Larutan Elektrolit



dimana:

n = jumlah ion yang dihasilkan dari ionisasi satu molekul zat elektrolit.
α = derajat disosiasi; elektrolit besar lengan berkuasa → α = 1

K2SO4 termasuk elektrolit kuat, sehingga α = 1

dan kalau diionisasi menjadi
2K+ + SO42 − jadi n = 3.



Sehingga:



Soal No. 2

Ke dalam 250 gram air dilarutkan 8,7 gram K2SO4 (Mr = 174). Jika Kb air ialah 0,52°C/molal, tentukan kenaikan titik didih larutan tersebut!


Pembahasan

Kenaikan titik didih untuk Larutan Elektrolit, gunakan rumus berikut: 


Rumus Kenaikan Titik Didih Larutan Elektrolit



dimana:
n = jumlah ion yang dihasilkan dari ionisasi satu molekul zat elektrolit.
α = derajat disosiasi; elektrolit besar lengan berkuasa → α = 1

K2SO4 termasuk elektrolit kuat, sehingga α = 1

dan kalau diionisasi menjadi
2K+ + SO42 − jadi n = 3.



Sehingga:


Soal No.3

Tentukan tekanan osmotik larutan glukosa (Mr = 180) yang dibuat dengan melarutkan 10,8 gram glukosa dalam air sampai volumenya 400 mL pada suhu 27°C. Gunakan R = 0,082 L atm / mol K.


Pembahasan
Rumus tekanan osmotik larutan.  
dimana:
Ï€ = tekanan osmotik
M = molaritas larutan
T = suhu mutlak (K)
R = tetapan gas universal = 0,082 L atm/mol K

Jika volume diketahui dalam mL boleh gunakan rumus
Sedangkan untuk Larutan Elektrolit gunakan rumus:
Kembali ke soal, Data:
V = 400 mL
g = 10,8 gram
T = 27°C = 300 K
Mr = 180

Ï€ =....


Sekian ya wacana Rangkuman, Contoh Soal dan Pembahasan Sifat Koligatif Larutan Semoga dapat membantu...

0 Response to "Rangkuman, Contoh Soal dan Pembahasan Sifat Koligatif Larutan"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel