Belajar Materi Fisika Tentang Besaran Satuan dan Pengukuran

   Karena waktu yang semakin padat, dan hari yang terus melelahkan, maka saya pada kesempatan kali ini akan membahas Belajar Fisika Materi Tentang Besaran Satuan dan Pengukuran.
  

Materi Fisika Tentang Besaran Satuan dan Pengukuran


  Apa kalian tau mengenai apa itu Besaran, Satuan ataupun Pengukuran? Baik, kali ini saya akan membahas itu semua. Semoga apa yang saya bahas kali ini bisa menambah wawasan kalian tentang Besaran, Satuan dan Pengukuran.

1. Besaran


   Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan nilainya. Jika kita tinjau dari arah dan nilainya, besaran dikelompokan dalam 2 hal, yaitu :
  • Besaran Skalar yaitu besaran yang hanya memiliki nilai tanpa memiliki arah. Contohnya : Massa, Panjang, Waktu, Energi, Usaha, Suhu, Kelajuan dan Jarak.
  • Besaran Vektor yaitu besaran yang memiliki nilai dan arah. Contohnya : Gaya, Berat, Kuat arus, Kecepatan, Percepatan dan Perpindahan.
 Namun berdasarkan satuannya, Besaran di bagi menjadi 2, yaitu :

a. Besaran Pokok

   Adalah besaran yang satuannya telah ditetapkan lebih dahulu dan tidak tersusun atas besaran lain. Besaran pokok terdiri atas tujuh bersaran berdasarkan sistem Satuan Internasional (SI) sebagaimana yang telah tertera pada tabel berikut :

Besaran Pokok

b. Besaran Turunan

   Merupakan kombinasi dari satuan-satuan besaran pokok. Besaran Turunan adalah luas suatu daerah dalam suatu benda. Luas sama dengan panjang dikali lebar, dimana panjang dan lebar keduanya merupakan satuan panjang. Perhatikan tabel besaran turunan dibawah ini :
Besaran Turunan

Sistem Satuan Internasional (SI) adalah sistem satuan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, yang berlaku secara Internasional.

2. SATUAN

   Satuan adalah Ukuran dari suatu besaran yang digunakan untuk mengukur. Sama halnya dengan Besaran, satuanpun dibagi menjadi 2 macam, yaitu :

a. Satuan Baku
   Adalah satuan yang telah diakui dan disepakati pemakaiannya secara Internasional atau bisa disebut dengan Satuan Internasional (SI). Yaitu meter, kilogram dan detik. Dan sistem Satuan Internasional (SI) pun dibagi menjadi 2, yaitu :
  • Sistem MKS (Meter Kilogram Second)
  • Sistem CGS (Centimeter Gram Second)
 Perhatikan Tabel dibawah ini.

Satuan Baku

b. Satuan Tidak Baku
   Adalah satuan yang tidak diakui secara Internasional dan hanya digunakan pada suatu wilayah tertentu. Contohnya : Depa, hasta, kaki, lengan, tumbang, bata, dll.

Satuan Tidak Baku

3. Pengukuran

   Pengukuran adalah kegiatan membandingkan nilai besaran yang diukur dengan alat ukur yang ditetapkan sebagai satuan. Contohnya : mengukur meja dengan penggaris (panjangnya meja sebagai besaran, penggaris sebagai alat ukur dan ukuran yang tertera di penggaris sebagai satuannya).

Beberapa contoh alat ukur sesuai dengan besarannya, yaitu :

a. Alat Ukur Panjang
  • Mistar (Penggaris) adalah alat ukur panjang dengan ketelitian sampai 0,1cm atau 1mm. Pada pembacaan skala, kedudukannya mata pengamatlah yang harus tegak lurus dengan skala mistar yang dibacanya.


  • Jangka Sorong sering dipakai untuk mengukur suatu benda dengan panjang yang kurang dari 1mm. Skala terkecil/tingkat ketelitian pengukurannya sampai dengan 0,01cm atau 0,1mm.


  • Micrometer Sekrup merupakan alat ukur panjang dengan tingkat ketelitian yaitu 0,01mm atau skala terkecilnya (Skala nonius) pada micrometer sekrup terdapat pada rahang geser, sedangkan skala utamanya terdapat pada rahang tetap, Biasanya Micrometer Sekrup ini sering digunakan untuk mengukur diameter benda bundar ataupun plat yang sangat tipis.
Micrometer Sekrup

b. Alat Ukur Massa

  Alat ukur yang digunakan untuk mengukur massa suatu benda adalah neraca. Berdasarkan cara kerjanya neraca pun dibedakan menjadi 3, yaitu :
  • Neraca Digital yaitu neraca yang bekerja dengan sistem elektronik. Tingkat ketelitiannya hingga 0,001g.
    Neraca Digital
  • Neraca O'Hauss yaitu neraca dengan tingkat ketelitiannya hingga 0,01g.

  • Neraca Sama Lengan yaitu neraca dengan tingkat ketelitian mencapai 1mg atau 0,001g.

    Neraca Sama Lengan

c. Alat Ukur Waktu

    Satuan Internasional (SI) untuk waktu adalah detik/s. Satuan second adalah waktu yang dibutuhkan oleh atom Cesium -133 untuk bergetar sebanyak 9.192.631.770 kali. Alat yang biasa digunakan untuk mengukur waktu antara lain : Jam matahari, jam dinding, arloji, dan stopwatch.
Alat Ukur Waktu 

Demikianlah, pembahasan kali ini, semoga bermanfaat kawan..

0 Response to "Belajar Materi Fisika Tentang Besaran Satuan dan Pengukuran"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel