Pengertian Manajemen Aplikasi pada Fungsi Sistem Operasi

Pengertian Manajemen Aplikasi 

Setelah membahas fungsi sistem operasi sebagai pengendali saluran dari perangkat keras komputer di artikel sebelumnya (Baca Juga: Pengertian administrasi Perangkat Keras pada Fungsi Sistem Operasi), kali ini kami akan membahas wacana fungsi lain dari sistem operasi komputer adalah sebagai administrasi aplikasi (pengelolaan aplikasi user). Sistem operasi merupakan wadah dari setiap aplikasi yang akan diinstall pada komputer, dan sistem operasi pula yang mengelola dan mengatur kinerja dari aplikasi, baik itu untuk pemrosesan ke perangkat keras, interface pada user termasuk penyimpanan database dari aplikasi tersebut.

Baca Juga: Fungsi Sistem Operasi Pada Komputer


Setiap perangkat lunak aplikasi yang dijalankan oleh sistem operasi akan mencari lokasi file jadwal tersebut lalu memindahkan isinya ke memori untuk kemudian mengirimkan setiap perintah pada file tersebut untuk dijalankan oleh komputer. Setiap aplikasi yang terinstall pada komputer akan masuk di data jadwal files dan sistem operasi juga akan menunjukkan pemintas dari aplikasi tersebut sehingga user dapat menjalankan jadwal aplikasi dengan cepat. Aplikasi user disini merupakan aplikasi yang digunakan oleh user untuk menyelesaikan suatu tujuan tertentu misalnya: microsoft word, microsoft excel, winamp, google chrome, antivirus, dll. Kita mampu melihat aplikasi apa saja yang terinstall pada komputer dengan masuk ke menu Control panel. Disana kita mampu melihat aplikasi apa saja yang ada pada komputer, dan disitu pula kita mampu menghapus aplikasi dari komputer kita.

Baca Juga: Sejarah Sistem Operasi Komputer

Fungsi administrasi pada aplikasi user ini dapat meliputi:

  • Install, proses menempatkan file-file jadwal pada sistem komputer termasuk konfigurasi jadwal tersebut. Pada dikala melaksanakan installasi aplikasi kita harus menjalankan .exe pada program.
  • Uninstall, proses untuk menghapus file-file jadwal beserta konfigurasi dari komputer.
  • Update/Upgrade, proses untuk memperbarui file-file dari jadwal yang telah terinstall.

0 Response to "Pengertian Manajemen Aplikasi pada Fungsi Sistem Operasi"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel