Sulit Tidur dan Banyak Makan Akibat Depresi, Bagaimana Mengatasinya?

Sulit Tidur dan Banyak Makan Akibat Depresi, Bagaimana Mengatasinya?Ilustrasi pria depresi/Foto: thinkstock

Sore Dok, saya sudah beberapa bulan terakhir ini mengalami depresi. Di mana saya sulit tidur dan mengonsumsi banyak makanan. Selain itu, saya juga merasa hampa. Bagaimana Dok cara mengatasi perasaan ini. Terkadang saya takut menjadi aneh alasannya ialah tidak pernah bisa menyelesaikan permasalahan. Mohon jawabannya. Terimakasih Dok.

J (Laki-laki, 35 tahun)

Jawaban

Pak J yang baik,

Gejala depresi bisa timbul pada siapa saja. Tua, muda, laki dan perempuan punya kerentanan yang sama. Penelitian mengatakan perempuan lebih sering mengalami depresi dua kali lipat dibandingkan laki-laki. Gejala depresi yang utama ialah mood atau suasana perasaan yang depresif (sedih atau murung) disertai adanya perasaan putus asa atau hilang impian dan ketidakmampuan untuk menikmati hal-hal yang sebelumnya dinikmati.

Depresi biasanya juga disertai gejala lain menyerupai gangguan tidur, gangguan makan, gangguan konsentrasi, serta ada beberapa dibarengi dengan pikiran-pikiran atau ilham bunuh diri. Ketika gejala depresi hingga mengganggu kehidupan sehari-hari dan menurunkan kualitas hidup saya sarankan segera menemui psikiater. Terapi pada pasien depresi akan menawarkan perbaikan kasatmata pada gejala.

Beberapa kasus ialah lebih baik kalau diberikan pengobatan dengan obat antidepresan yang dibarengi juga dengan konseling dan psikoterapi. Saat ini berobat untuk kondisi gangguan jiwa tersedia di rumah sakit pemerintah dan swasta serta ditanggung oleh JKN BPJS. Obati segera gangguan depresi Anda. Semoga dapat membantu. Salam sehat jiwa.

dr Andri, SpKJ, FAPM
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist
Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera
(021)29779999
Twitter: @mbahndi
www.psikosomatik.net
Sumber detik.com

0 Response to "Sulit Tidur dan Banyak Makan Akibat Depresi, Bagaimana Mengatasinya?"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel