Hati-hati, Pakai Earphone Bisa Dorong Kotoran Telinga Masuk ke Dalam

Hati-hati, Pakai Earphone Bisa Dorong Kotoran Telinga Masuk ke DalamFoto: Thinkstock

Jakarta, Siapa yang tidak mengenal earphone? Alat ini mampu digunakan untuk mendengarkan musik. Namun ternyata, penggunaan earphone juga berisiko mendorong kotoran pendengaran masuk ke dalam.

"Salah satu yang nggak mengagumkan itu penggunaan earphone. Kalau liang pendengaran produksi kotoran cukup aktif itu (penggunaan earphone) mampu mendorong kotoran masuk ke dalam," kata dr Agus Subagio, SpTHT dikala berbincang dengan detikHealth baru-baru ini.

dr Agus menjelaskan dikala kotoran pendengaran terdorong masuk ke episode dalam, hal ini akan menyebabkan masalah. Di antaranya ibarat kotoran mengeras dan kesudahannya akan sulit dibersihkan.

Baca juga: Pakai Rumus Ini Agar Dengarkan Musik Lewat Earphone Tak Bikin Tuli

Lebih lanjut, dr Agus juga menjelaskan risiko lain dari penggunaan earphone. Ia mengatakan penggunaan earphone yang berlebihan ibarat digunakan dikala di jalan atau hendak tidur akan mengakibatkan duduk perkara pendengaran.

Masalah pendengaran yang dimaksud yakni duduk perkara kerusakan saraf yang terjadi sebab paparan bising. Sampai dikala ini, menurutnya belum ada pengobatan yang mampu dilakukan.

"Jadi menggunakan earphone mampu menyebabkan gangguan pendengaran yang tidak mampu diobati," imbuh dr Agus.

Oleh sebab itu, dr Agus menyarankan untuk mengurangi penggunaan earphone secara berlebihan. Selain itu, tidak dianjurkan menggunakan earphone untuk bunyi yang keras.
Sumber detik.com

0 Response to "Hati-hati, Pakai Earphone Bisa Dorong Kotoran Telinga Masuk ke Dalam"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel