Agar Kulit Selangkangan Tak Iritasi Akibat Pakaian Dalam, Perhatikan Ini

Agar Kulit Selangkangan Tak Iritasi Akibat Pakaian Dalam, Perhatikan IniIlustrasi mencegah iritasi pada selangkangan/Foto: thinkstock

Jakarta,
Rasa perih dan tak nyaman biasa dikeluhkan seseorang dikala mengalami lecet di area sela paha atau selangkangan. Salah satu penyebabnya yaitu pemakaian pakaian dalam yang tidak tepat.

Dokter seorang andal kulit, dr Galih Manggala SpKK mengatakan bahwa iritasi pada selangkangan atau disebut textile contact dermatitis didefinisikan sebagai manifestasi jawaban materi kain pakaian tersebut.

"Penyebabnya yaitu serat-serat kain tersebut atau bahan-bahan yang digunakan untuk memproses kain menyerupai formaldehyde untuk mengurangi kusut, Para-phenylenediamine sebagai pewarna," ujar dr Galih.

Sementara menurut dr Laksmi Duarsa, SpKK, dari D&I Skin Centre Bali beberapa waktu lalu, penyebab terjadinya lecet di kulit seseorang yaitu kelembaban. Terlebih pada wanita yang harus menggunakan pembalut penting baginya untuk mengontrol kelembaban area selangkangan semoga tak mudah lecet.

Baca juga: Gatal di Selangkangan Wanita, Cek ke Dokter Kulit atau Kandungan?

"Sama menyerupai pemakaian pampers pada bayi, lembab awal mula terjadinya lecet. Lembab menimbulkan jamur bersarang di area selangkangan, hal lainnya mampu juga alasannya yaitu alergi pada materi pembalut yang digunakan sehingga menimbulkan lecet," papar dr Laksmi.

Untuk mengatasi iritasi kulit selangkangan, imbuh dr Galih yaitu dengan menunjukkan salep anti iritasi. Selain itu perhatikan pula pakaian dalam dengan mengganti pakaian dalam yang lebih cocok.

"Tips wear gunakan pakaian dari materi kain alami menyerupai katun, gunakan pakaian berwarna jelas alasannya yaitu penggunaan materi pewarnanya lebih sedikit, gunakan pakaian yang longgar pada kondisi lembab atau panas," pesan dr Galih.

Baca juga: Aneka Sebab Miss V dan Selangkangan Makara Gatal Setelah Bercukur
Sumber detik.com

0 Response to "Agar Kulit Selangkangan Tak Iritasi Akibat Pakaian Dalam, Perhatikan Ini"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel