Personel Rolling Stones, Ronnie Wood Curhat Soal Rokok dan Kanker Paru

Personel Rolling Stones, Ronnie Wood Curhat Soal Rokok dan Kanker ParuRonnie menghubungkan kebiasan merokok dengan kanker yang ia idap. (Foto: Kevin Winter/Getty Images

Jakarta, Gitaris The Rolling Stone, Ronnie Wood, dalam sebuah wawancara baru-baru ini mengungkapkan bahwa dirinya didiagnosis kanker paru-paru.

Dikutip dari Men's Health, pemilik nama lengkap Ronald David Wood memutuskan berhenti merokok seminggu setelah istrinya, Sally, melahirkan putri kembar mereka ialah Gracie dan Alice pada Mei silam. Selama ini ia telah rutin menjalani pemeriksaan kesehatan rutin tiga bulan sekali.

Dokter langganan Rolling Stones, Dr Richard Dawood melaksanakan cek medis adegan organ dalam musisi berusia 70 tahun tersebut, mulai dari jantung, paru-paru, sampai darah sebelum grup veteran itu tur Eropa. Kemudian dokter datang memberi kabar bahwa ada kanker yang bersarang di paru-paru sebelah kirinya.

"Jujur saja, saya terkejut. Saya tahu saya memiliki rontgen dada semenjak saya masuk ke Cottonwood, sebuah klinik rehabilitasi di Tucson, Arizona pada tahun 2002. Dia bertanya kepada saya apa yang ingin saya lakukan dan balasan saya sederhana, 'Lepaskan saja dari saya'," ujar Wood.

Baca juga: Batuk-batuk Setelah Berhenti Merokok, Apa Sebabnya?

Sebelum adegan kanker paru-parunya diangkat, Wood minta pada dokter untuk memastikan kankernya tidak menyebar. Jika sel kanker menyebar, ia tentu menolak untuk dikemoterapi alasannya tak ingin kehilangan rambutnya.

"Saya memutuskan bahwa jikalau itu menyebar, saya tidak akan menjalani kemoterapi, saya tidak akan menggunakan bayonet itu di badan saya," akunya.

Untungnya, kanker tidak menyebar dan Wood mengatakan kepada dokter bahwa ia siap menjalani operasi lima jam untuk melepaskan sebagian paru-parunya.

"Tepat sebelum saya menutup mata untuk operasi ini, saya melihat dokter itu dan berkata, 'biarkan pertempuran dimulai'," kenangnya.

Wood sempat berpikir soal ini setelah pada alhasil ia berhenti merokok. Bagaimana ia melewati kebiasaan buruknya selama 50 tahun tanpa terjadi apa-apa.

Baca juga: Saran Dokter Soal Berhenti Merokok Tanpa Menjadi Gemuk
Sumber detik.com

0 Response to "Personel Rolling Stones, Ronnie Wood Curhat Soal Rokok dan Kanker Paru"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel