Bagi Kesehatan, Kesepian Sama Buruknya dengan Obesitas

Bagi Kesehatan, Kesepian Sama Buruknya dengan ObesitasKesepian tidak punya kawasan menyebarkan mampu berdampak buruk untuk kesehatan mental dan fisik. (Foto: thinkstock)

Jakarta, Obesitas kerap dianggap sebagai penyakit berbahaya dan mematikan. Tapi nyatanya, perasaan kesepian punya dampak bagi kesehatan fisik maupun metal. Menurut sebuah studi, ditemukan bahwa isolasi sosial mampu membuat orang berisiko tinggi mengalami kematian.

"Terhubung dengan orang lain secara sosial dianggap sebagai kebutuhan insan yang fundamental, sangat penting bagi kesejahteraan dan kelangsungan hidup," kata Julianne Holt-Lunstad, profesor di Universitas Brigham Young, Amerika Serikat, dilansir dari Times of India.

Dia menyebut, teladan ekstrem memperlihatkan bayi dalam perawatan kustodi yang tidak memiliki kontak insan gagal berkembang dan sering meninggal, dan memang, isolasi sosial atau kurungan isolasi telah digunakan sebagai bentuk hukuman.

Baca juga: Anda Kesepian? Diri Sendiri Bisa Mengatasinya Lho

Kesepian dan isolasi sosial keduanya terkait dengan kesehatan yang buruk. Satu studi yang dilaporkan oleh Medical News Today tahun lalu, misalnya, memperlihatkan bahwa kesepian mungkin terkait dengan penyakit Alzheimer, sementara penelitian lain menghubungkan isolasi sosial dengan kelangsungan hidup penderita kanker payudara.

Untuk menggambarkan pengaruh isolasi sosial dan kesepian pada risiko maut dini, Holt-Lunstad mempresentasikan data dari dua ulasan penelitian. Yang pertama melibatkan 148 studi, mewakili lebih dari 300.000 peserta, dan menemukan bahwa kekerabatan sosial yang lebih besar terkait dengan penurunan risiko maut dini sebesar 50 persen.

Sementara studi kedua, yang melibatkan 70 studi yang mewakili lebih dari 3,4 juta orang dari Amerika Utara, Eropa, Asia Dan Australia, memeriksa tugas isolasi sosial, kesepian atau hidup sendiri terhadap kematian. Periset menemukan bahwa ketiganya memiliki efek signifikan terhadap risiko maut dini, faktor risiko lain ialah obesitas.

"Ada bukti besar lengan berkuasa bahwa isolasi sosial dan kesepian meningkatkan risiko maut dini secara signifikan, dan besarnya risiko melebihi banyak indikator kesehatan terkemuka," kata Holt-Lunstad.

Baca juga: Kalau Begini Kondisinya, Kesepian Benar-benar Bisa Makara Penyakit Lho
Sumber detik.com

0 Response to "Bagi Kesehatan, Kesepian Sama Buruknya dengan Obesitas"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel