Diberi ASI Sampai Usia 2 Tahun, Apakah Sudah Mencukupi?

Diberi ASI Sampai Usia 2 Tahun, Apakah Sudah Mencukupi?Ilustrasi ibu dan anak/Foto: Thinkstock

Jakarta, Dok, aku sudah berhasil menunjukkan full ASI pada bayi aku hingga ketika ini, usia 2 tahun. Apakah bayi aku sudah cukup mendapatkan ASI? Apa tanda-tanda bayi sudah cukup mendapatkan ASI, Dok? Terimakasih.

Yuni (Perempuan, 34 tahun)

Jawaban

Selamat pagi Ibu Yuni, terimakasih atas pertanyaannya. Seorang bayi berhak disusui oleh ibunya semenjak lahir hingga usia 2 tahun. Pada periode tersebut, kepuasan seorang bayi terletak pada mulutnya (fase oral). Jika kepuasan oral seorang bayi dipenuhi dengan disusui oleh ibunya, bayi akan menjelma anak yang percaya diri dan unggul secara fisik dan mental. Pada ketika proses menyusui juga terjadi interaksi 2 arah antara ibu dan bayi. Bayi menjadi lebih nyaman karena kebutuhan batin dan kasih sayangnya terpenuhi oleh ibunya. Ibu juga menjadi eksklusif yang berharga karena diharapkan oleh bayinya. Pemenuhan kebutuhan dua arah ini menyebabkan bayi lebih matang perkembangannya.

Saat seorang anak memasuki usia 2 tahun, sebaiknya dia segera disapih. ASI ibu yang menyusui anaknya hingga 2 tahun tetap cantik kualitasnya dan tetap baik untuk kesehatan anak. Akan tetapi, kalau fase oral seorang anak berlarut-larut hingga melebihi usia 2 tahun, anak akan menjadi eksklusif yang kurang berdikari dan kurang matang secara emosional. Itulah sebabnya menyusui hanya hingga anak berusia 2 tahun.

Setelah disapih, pemenuhan kebutuhan energi anak bergantung pada makanan yang dikonsumsinya. Anak harus diberikan makanan bergizi seimbang 4 bintang menurut standar WHO (meliputi karbohidrat, protein hewani dan nabati, buah, sayur, sumber lemak, dan air), dan dengan frekuensi dan porsi makan yang sesuai dengan usian anak. Dengan demikian, setelah disapih pun anak tetap tumbuh dan berkembang dengan baik karena kebutuhan gizinya telah terpenuhi dari makanan sehari-hari.

Jika ibu mempunyai pertanyaan mengenai menyapih bayi atau makanan pendamping ASI (MPASI) untuk anak, ibu dapat mengunjungi klinik laktasi bersama keluarga.

dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC
Dokter Laktasi dan Ibu Menyusui di RS Permata Depok
Ketua Tim Laktasi RS Permata Depok
Koordinator Pelatihan Manajemen Laktasi Perinasia Pusat
www.rspermatadepok.com
Sumber detik.com

0 Response to "Diberi ASI Sampai Usia 2 Tahun, Apakah Sudah Mencukupi?"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel