Mengenal Fibromyalgia, Penyakit Saraf yang Menyerang Morgan Freeman

Mengenal Fibromyalgia, Penyakit Saraf yang Menyerang Morgan FreemanPeraih Oscar, Morgan Freeman pernah didiagnosis fibromyalgia. Foto: Reuters

Jakarta, Pernahkah merasa setelah bangkit tidur masih merasa lelah? Atau merasa sakit dikala disentu pada titik-titik tertentu? Bisa jadi Anda mengalami fibromyalgia menyerupai bintang film tenama Morgan Freeman.

Pasca kecelakaan mobil, tangan kirinya mendadak lumpuh dan sarafnya mengalami kerusakan. "Ini fibromyalgia," katanya dikutip dari CNN, Rabu (2/8/2017).

Apa itu fibromyalgia? Fibromyalgia ialah penyakit muskuloskeletal yang ditandai dengan nyeri otot terhadap tekanan. Ketika mengalami kelelahan berlebih dapat mengganggu acara sehari-hari. Selain itu gejala lainnya ialah problem dengan ingatan.

Penyakit ini dianggap menyerupai penyakit rematik yang menimbulkan radang sendi alasannya ialah sendi dan jaringan lembut menyerupai otot, ligamen dan tendon terganggu.

Baca juga: Alasan Kenapa Wanita Butuh Lebih Banyak Obat Pereda Nyeri

"Rasa sakit itu terpancar sekali, kulit, rambut, kuku, dan semuanya terasa sakit. Apapun yang menyentuhmu pasti menyakitkan. Kamu tidak mampu memakai perhiasan, tidak mampu memakai apapun yang berbahan keras atau teksturnya kasar," kata salah satu pendiri Asosiasi Fibromyalgia Nasional yang juga penyintas fibromyalgia, Lynne Matallana.

Selain itu, pasien fibromyalgia sering mengalami problem tidur. Menurut organisasi yang mengurus problem tidur Amerika Serikat (National Sleep Foundation), penyakit ini menyerupai 'pedang bermata dua', di satu sisi rasa sakit membuat sulit tidur, namun di sisi lain kurang tidur dapat memperparah rasa sakit.

Fibromyalgia mampu menyerang kapan saja. Gejala sering dimulai setelah kejadian fisik traumatis, menyerupai kecelakaan mobil, operasi, bahkan infeksi. Terinfeksi virus flu, herpes simpleks, dan hepatitis B dan C dapat menimbulkan timbulnya penyakit ini.

Tekanan psikologis atau emosional menyerupai pelecehan seksual, kehilangan orang renta atau perang juga mampu memicu munculnya penyakit ini.

Sebuah studi baru-baru ini di Finlandia menemukan bahwa syok alasannya ialah problem keluarga menyerupai problem keuangan, penyakit kronis, depresi atau perceraian dikaitkan dengan diagnosis fibromyalgia di kemudian hari.

Studi lain di Norwegia mengatakan bahwa wanita berusia di atas 45 tahun dengan sering mengalami problem tidur lebih memiliki risiko lima kali lipat mengalami fibromyalgia dibandingkan orang yang memiliki kualitas tidur yang baik.

Baca juga: Berbahayakah Bell's Palsy yang Pernah Menyerang Angelina Jolie?



Sumber detik.com

0 Response to "Mengenal Fibromyalgia, Penyakit Saraf yang Menyerang Morgan Freeman"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel