Ini Sebabnya Tubuh Berotot Bikin Susah Tidur

Ini Sebabnya Tubuh Berotot Bikin Susah TidurStudi menyebut kandungan protein pada otot dapat memengaruhi referensi tidur. (Foto: thinkstock)

Jakarta, Selama ini, para ilmuwan meyakini regulasi rasa kantuk ada di otak. Temuan terbaru menerangkan sistem tersebut ada di otot.

Sebuah penelitian di jurnal eLife menyebut protein BMAL1 sebagai circadian clock protein. Menurut para ilmuwan yang menelitinya, protein tersebut ditemukan di otak maupun otot.

Lewat eksperimen, para ilmuwan menerangkan bahwa eksistensi protein ini di otak tidak terlalu besar lengan berkuasa pada referensi tidur. Ketika mereka menghilangkannya dari otak, durasi dan kualitas tidur tidak berubah.

Baca juga: Pola Tidur yang Salah Bikin Pria Lebih Susah Membuahi Pasangan

Lain halnya dikala protein BMAL1 yang ada di otot dilenyapkan. Durasi tidur meningkat dan kualitasnya juga menjadi lebih baik, fase tidur dalam jadi lebih lama.

Dr Joseph S Takahashi dari Southwestern Medical Center yang memimpin penelitian ini menyebut temuan temuan tersebut tidak terduga sebelumnya. Dalam eksperimen yang dilakukan, mereka memang hanya menggunakan tikus tetapi diyakini efeknya sama ibarat pada manusia.

Baca juga: Begini Akibatnya Jika Pola Tidur Dibiarkan Berantakan
Sumber detik.com

0 Response to "Ini Sebabnya Tubuh Berotot Bikin Susah Tidur"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel