Teh Hijau Bisa Kurangi Rasa Ngilu pada Gigi

Teh Hijau Bisa Kurangi Rasa Ngilu pada GigiTeh hijau dapat mengurangi ngilu pada gigi/Foto: Istimewa

Jakarta, Gigi yang sensitif bisa berdampak pada kehidupan sehari-hari menyerupai makan, minum dan menyikat gigi. Namun tak perlu gusar, kabar baiknya sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal ACS Applied Materials and Interfaces mengungkapkan bahwa ekstrak teh hijau bisa melawan sensitivitas gigi.

Dilansir dari Men's Health, sensitivitas pada gigi terjadi dikala lapisan pelindung gigi yang disebut enamel dan jaringan tulang yang disebut dentin itu terpapar. Kaprikornus ketika lapisan pelindung menipis, dikala menikmati makanan dan minuman yang panas atau hirau taacuh mengakibatkan hipersensitivitas atau rasa sakit yang tajam.

Baca juga: 5 Fakta yang Harus Diketahui Soal Gigi Sensitif

Mineral yang disebut nanohidroksiapatit dipasang pada tabung dentin untuk menghentikan cairan dan makanan supaya tidak hingga ke sentra saraf gigi. Masalahnya, materi itu tidak bertahan lama dan tidak benar-benar melindungi gigi dari paparan asam yang dihasilkan oleh kuman di mulut.

Nah, dikala itulah para peneliti memutuskan untuk menggabungkan nanohidroksiapatit dengan ekstrak teh hijau yang disebut EGCG untuk melawan kuman tanggapan penumpukan plak sehingga mengakibatkan gigi berlubang. Ketika para peneliti mengkombinasikan bahan-bahan tersebut, terbukti mencegah pembentukan plak dan abrasi gigi.

Terkait itu, Prof Heriandi Sutadi, drg, SpKGA (K), PhD pada beberapa waktu lalu mengatakan bahwa yang paling terpenting dalam melaksanakan pencegahan gigi sensitif ialah kumur-kumur setelah mengonsumsi makanan berat maupun ringan untuk menghindari benjol dari bakteri.

"Pertama sikat gigi dengan bersih, lalu kumur-kumur, setelah itu sikat gigi kembali dengan pelan-pelan seluruh permukaan, dan yang terkahir kumur-kumur namun jangan terlalu bersih untuk membiarkan fluor yang tersisa bereaksi dan mengurangi sensitivitas gigi," tutur Prof Heriandi.

Baca juga: Kata Peneliti, Makan Upil Baik untuk Kesehatan Gigi


Sumber detik.com

0 Response to "Teh Hijau Bisa Kurangi Rasa Ngilu pada Gigi"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel