Tora Sudiro Terjerat Dumolid, Ryan Thamrin Mengidap Mag Akut

Tora Sudiro Terjerat Dumolid, Ryan Thamrin Mengidap Mag AkutPemakaman dr Ryan Thamrin (Chaidir-detikcom)

Jakarta, Dugaan penyalahgunaan obat penenang Dumolid alias nitrazepam oleh pasangan artis Tora Sudiro dan Mieke Amalia masih menjadi perbincangan sepanjang Jumat (4/8) kemarin. Kabar meninggalnya host Dr OZ Indoneisa, dr Ryan Thamrin turut meramaikan perbincangan soal kesehatan.

Dumolid, obat penenang golongan benzodiazepine dengan kandungan nitrazepam banyak disalahgunakan dan bahkan banyak dijual di lapak-lapak online. Padahal, psikotropika golongan IV ini seharusnya hanya mampu dibeli dengan resep dokter.

Baca juga: Fakta-fakta Dumolid, Obat Penenang yang Menjerat Tora Sudiro

Anehnya, para dokter justru mengaku kesulitan menerima obat ini di jalur resmi. Seorang dokter seorang hebat kejiwaan menyebut, sudah beberapa tahun belakangan obat ini sulit dicari baik di apotek maupun rumah sakit. Di kalangan dokter, obat ini dipakai untuk mengatasi insomnia dan kegelisahan.

Kepala Pusat Informasi Obat dan Makanan BPOM, Dra Rita Endang, Apt., MKes memastikan Dumolid tidak ditarik dari peredaran. Produk ini masih terdaftar di BPOM, tetapi memang tidak boleh dijual sembarangan. Harus dengan resep dokter, dan dibeli di apotek yang memiliki izin.

"Tentu ilegal, adanya penjualan secara online ini yakni kejahatan," tegas Rita.

Tora Sudiro Terjerat Dumolid, Ryan Thamrin Mengidap Mag AkutDumolid dengan kandungan zat aktif Nitrazepam merupakan produk yang terdaftar di BPOM, tapi sering disalahgunakan (Foto: Screenshoot)


Baca juga: Marak Dumolid Ilegal Dijual Online, BPOM: Itu Kejahatan!

Sementara itu kabar sedih datang dari pembawa program Dr Oz Indonesia, dr Ryan Thamrin. Dokter berusia 39 tahun ini meninggal setelah hampir setahun bolos dari program yang mempopulerkan namanya tersebut.

Sahabat sesama dokter, dr Lula Kamal menyebut dr Ryan memang sakit semenjak setahun lalu. Sedangkan seorang kerabat, Dodi menyebut dokter yang juga mantan cover boy tersebut mengidap mag akut. Sumber mengatakan, ada benjolan juga di kepalanya.

Baca juga: Lula Kamal Sebut Ryan Thamrin 'Dr OZ' Memang Sakit Sejak Tahun Lalu


Sumber detik.com

0 Response to "Tora Sudiro Terjerat Dumolid, Ryan Thamrin Mengidap Mag Akut"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel