Seni Reklame



Seni Reklame
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

Seni reklame merupakan seni yang digunakan untuk mempromosikan suatu barang, produk, atau jasa dengan gaya yang menarik, sehingga dapat meningkatkan daya tarik para konsumen untuk membeli apa yang ditawarkan pada reklame tersebut.
Seni reklame memiliki sejarah yang panjang di Indonesia. Pada tahun 1950-an perusahaan-perusahaan di Indonesia telah mengenal penggunaan logogram dan logotype. Tahun 1970-an aneka macam perusahaan multinasional merambah ke dalam negri, ibarat Coca-Cola dari Amerika, Toyota, Mitsubishi, dan Fuji Film dari Jepang dan Singapore Airline dari Singapura. Pada dikala itu sejumlah reklame mulai bermunculan di Indonesia.
Seni reklame memiliki fungsi, sebagai berikut:
1. Memperkenalkan suatu produk pada khalayak atau masyarakat.
2. Agar pembeli lebih tertarik untuk menggunakan produk yang ditawarkan.
3. Agar perusahaan produk tersebut mendapat banyak keuntungan.
Adapun tujuan seni reklame, yakni:
1. Reklame sosial, ialah reklame yang bertujuan untuk kemanusiaan, ibarat reklame penerangan, peringatan, dan perhatian.
2. Reklame komersial, ialah reklame yang bertujuan untuk menunjukkan barang atau produk.
Jenis seni reklame, di antaranya:

1. Logo

Seni

Logo dapat menjadi bab dari bentuk reklame, baik sebagai inisial/lambang dari tubuh usaha, organisasi, atau instansi pemerintah.

2. Stiker

Seni

Stiker berbentuk gambar/tulisan pada kertas atau plastik yang berukuran relatif kecil dengan bab bawahnya berperekat.

3. Pamflet

Seni

Pamflet merupakan bentuk cetak yang relatif sederhana. Berisi penawaran usaha atau barang.

4. Poster

Seni

Poster berbentuk cetak yang relatif lebih besar dari pamflet. Isinya biasa bersifat komersil, pemberitahuan, penyelenggaraan suatu acara, atau himbauan dengan gambar dan kalimat.

5. Baleho

Seni

Baleho berbentuk ibarat papan pengumuman berukuran besar terbuat dari triplek, seng, kain tebal, atau plastik khusus yang digunakan pada tiang besi. Biasanya baleho diletakkan di perempatan jalan strategis atau di depan gedung.

6. Advertensi

Seni

Advertensi terdapat pada surat kabar/majalah yang berisi pengumuman/promosi produk barang/jasa dalam bentuk gambar dan kalimat.

7. Spanduk

Seni

Spanduk berbahan dasar kain, biasanya berbentuk memanjang, dicetak dengan teknik sablon. Berisi pesan, himbauan, atau informasi dari organisasi pemerintah ataupun swasta.

8. Brosur

Seni

Brosur dicetak di atas kertas yang biasanya berlipat, berisi perihal keadaan suatu tubuh usaha/lembaga pendidikan supaya masyarakat yang berkepentingan dapat mengetahui kegiatan dan faktor pendukung yang ada.

9. Katalog

Seni

Katalog berbentuk ibarat brosur, tetapi berisi daftar nama, gambar, harga, serta keterangan lain perihal barang atau jasa yang ditawarkan.

10. Etalase

Seni

Etalase berupa ruangan kecil berdinding beling di depan toko daerah barang dijual. Etalase berisi display barang-barang yang dijual di toko tersebut.

11. Cut out display

Seni

Cut out display berbentuk tiga (3) dimensi, berupa balon atau model barang yang dipromosikan dalam ukuran besar yang diletakkan di daerah strategis di sekitar toko.

12. Neon lamp dan neon box

Seni

Neon lamp terbuat dari susunan lampu-lampu, pada bidang vertikal sehingga membentuk gambar berwarna/kalimat dari produk yang dipromosikan.
Neon box terbuat dari kotak akrilik yang bertulisan/bergambar produk yang dipromosikan di dalamnya terdapat lampu neon.

Sumber http://datakerjapns.blogspot.com

0 Response to "Seni Reklame"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel