Materi Dualisme Gelombang Partikel Fisika SMA

Halo guys selamat datang kembali di website atau blog kami, kali ini saya akan memberikan dan menjelaskan pembahasan Materi Tentang Dualisme Gelombang Partikel Fisika.

Apa sih Dualisme Gelombang Partikel itu ?

Dualisme gelombang partikel mendalilkan bahwa semua entitas fisik menunjukkan baik sifat sebagai gelombang dan partikel. Sebagai konsep sentral mekanika kuantum, Dualisme ini membahas ketidakmampuan konsep klasik seperti “partikel” dan “gelombang” untuk sepenuhnya menggambarkan perilaku (biasanya) objek mikroskopis.

Materi Dualisme Gelombang Partikel Fisika SMA

Dari sudut pandang fisika klasik, partikel dan gelombang merupakan konsep yang berbeda. Mereka saling eksklusif, dalam arti bahwa partikel tidak menunjukkan sifat seperti gelombang dan sebaliknya. Secara intuitif, bisbol tidak hilang melalui interferensi destruktif, dan suara kita tidak dapat dilokalisasi dalam ruang.

Gejala Foto Listrik.

Yang dimaksud dengan tanda-tanda foto listrik yaitu emisi (pancaran) elektron dari logam sebagai akhir penyinaran gelombang elektromagnetik (cahaya) pada logam tersebut.
Cahaya biasa bisa melepaskan elektron dari logam-logam alkali.

Hasil-hasil percobaan yang seksama memberikan bahwa :
  • Makin besar intensitas cahaya, semakin banyak elektron-elektron yang diemisikan.
  • Kecepatan elektron-elektron yang diemisikan hanya bergantung kepada frekwensi cahaya, makin besar frekwensi cahaya makin besar pula kecepatan elektron yang diemisikan.
  • Pada frekwensi cahaya yang tertentu (frekwensi batas) emisi elektron dari logam tertentu sama.
Peristiwa-peristiwa di atas tidak sanggup diungkap dengan teori cahaya Huygens.

Sifat Kembar Cahaya

Gejala-gejala interferensi dan difraksi memperlihatkan sifat gelombang yang dimiliki cahaya, dilain pihak cahaya memperlihatkan sifat sebagai paket-paket energi (foton).
Timbul suatu gagasan apakah foton itu sanggup diartikan sebagai partikel-partikel.
Untuk menjawab pertanyaan ini A.H. Compton mempelajari tumbukan-tumbukan antara foton dengan elektron.

Hipotesa De Broglie

Jika cahaya yang mempunyai sifat gelombang, mempunyai sifat partikel, maka wajarlah jikalau partikel-partikel mirip elektron mempunyai sifat gelombang, demikian hipotesa yang dikerjakan oleh de Broglie (tahun 1892).

Percobaan Davisson dan Germer

Jika partikel berlaku sebagai gelombang, harus sanggup ditunjukkan bahwa partikel sanggup menyebabkan pola-pola difraksi mirip halnya pola-pola difraksi pada gelombang.

Pada tahun 1927 Davisson dan Germer menentukan elektron sebagai partikel untuk menguji hipotesa de Broglie. Elektron-elektron diperoleh dari filamen yang dipijarkan, lalu elektron-elektron itu dipercepat dalam medan listrik yang tegangannya 54 Volt. Setelah dipercepat elektron-elektron mempunyai energi kinetik.

 Terima Kasih Sudah Membaca Penjelasan Materi Tentang Dualisme Gelombang Partikel Fisika. semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "Materi Dualisme Gelombang Partikel Fisika SMA"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel