Bahayakah Wanita Lakukan Latihan Beban Berat?

Bahayakah Wanita Lakukan Latihan Beban Berat?Olahraga bera pada wanita tidak berbahaya asal tahu risikonya. Foto: thinkstock

Jakarta, Di zaman modern menyerupai ini, banyak ditemui wanita dengan bentuk badan yang kekar atau mereka sering disebut para body builder. Mereka melaksanakan latihan berat untuk mengencangkan bagian-bagian tubuhnya.

Berbahayakah wanita yang melaksanakan latihan dengan beban yang berat? Menurut dokter seorang hebat kedokteran olahraga dari RS Mitra Kemayoran, dr Michael Triangto, SpKO, dilihat dari sisi kesehatan memang memiliki risiko.

"Pertumbuhan otot-ototnya bisa melampaui batas-batas yang wajar," ujarnya saat dihubungi detikHealth baru-baru ini.

Menurut dr Michael tidak selamanya olahraga dengan beban berat itu bisa membuat badan menjadi lebih sehat. "Semakin berat dan lama olahraganya, maka alhasil juga semakin besar," imbuhnya.

Baca juga: Manfaat Wanita Jalani Latihan Beban

Apabila memang memiliki tujuan untuk mengencangkan tubuh, wanita tidak persoalan untuk melaksanakan olahraga dengan beban berat. Tetapi jenis dan intensitasnya harus disesuikan dengan kemampuan dan dilakukan secara bertahap.

Menurut dr Michael tidak ada perbedaan olahraga bagi pria dan wanita. Tapi untuk menerima bentuk badan kekar pada wanita tidak secepat pada pria alasannya ialah hormonnya berbeda.

dr A. Andi Kurniawan SpKO dari Indonesia Sports Medicine Centre juga mengatakan bahwa latihan beban juga memiliki manfaat utnuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan di sebuah universitas di Amerika Serikat juga memperlihatkan bahwa latihan beban dapat mengurangi risiko patah tulang akhir osteoporosis pada wanita berusia 50-70 tahun yang telah mengalami menopause.

"Dengan latihan beban yang proporsional, tulang akan menerima tekanan mekanik yang akan merangsang tulang untuk meningkatkan kepadatannya, sehingga mencegah pengeroposan tulang atau yang biasa disebut osteoporosis," terperinci dr Andi.

Baca juga: Cantik-cantik Kekar, Begini Nih Foto Para Body Builder Wanita


Sumber detik.com

0 Response to "Bahayakah Wanita Lakukan Latihan Beban Berat?"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel