Faktor - faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Interaksi Sosial

   😊 Selamat Belajar dan Mencari Pelajaran, baiklah kali ini saya akan melanjutkan materi tentang Interaksi Sosial yang sudah saya bahas sebelumnya. kepada yang belum membacanya, silahkan klik dibawah ini 

Materi Sosiologi SMA tentang Interaksi Sosial

Faktor - faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Interaksi Sosial


Menyambung dari materi yang saya bahas sebelumnya, saya akan menjelaskan beberapa Faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Interaksi Sosial . oke langsung saja

1. Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Interaksi Sosial 

membicarakan masalah faktor - faktor yang mempengaruhi interaksi sosial itu di bagi menjadi 2 ( dua ) bagian, yaitu sebagai berikut :

     A. Faktor Internal

           Apabila seseorang melakukan interaksi sosial sesungguhnya secara naluriah manusia mempunyai dorongan - dorongan yang berasal dari dalam diri seseorang itu sendiri, antara lain :
       
  • Adanya Dorongan Untuk Meneruskan atau Mengembangkan Keturunan
     Secara naluri, Manusia mempunyai dorongan untuk saling tertarik kepada lawan jenisnya. dan dorongan ini memang sudah kodratnya yang artinya tidak perlu untuk dipelajari kembali. dan orang akan mengerti secara sendiri nya bahwa manusia itu akan berpasang - pasangan untuk meneruskan atau mengembangkan keturunannya.
  • Dorongan untuk Mempertahankan Hidup
      Contohnya manusia primitif / purba hidupnya selalu berkelompok dan membentuk suatu kesatuan dengan manusia primitf / purba lainnya dengan didasari tujuan yang jelas yakni bertahan hidup dan mengatasi jikalau ada serangan dari binatang buas. selain bertahan hidup, mereka juga akan membangun suatu sistem sosial dan sistem ekonomi maupun budaya.


     B. Faktor Eksternal

     Selain adanya beberapa Dorongan - dorongan yang bersifat internal,  manusia juga melakukan Interaksi Sosial karena adanya Dorongan yang bersifat Eksternal yaitu dorongan yang bersifat dari luar dirinya.

Adapun beberapa macam Dorongan - dorongan yang bersifat Eksternal, diantaranya sebagai berikut :
  • Adanya Motivasi
     Motivasi muncul karena adanya rangsangan yang berasal dari luar diri seseorang sehingga individu terdorong untuk melakukan suatu perbuatan dengan melibatkan ornag lain. Motivasi dalam suatu interaksi sosial adalah dorongan yang ada pada diri seseorang yang mendasari orang melakukan perbuatan. Motivasi ini muncul karnea pertimbangan rasionalitas.
  • Adanya Simpati
     Dalam suatu pra interaksi seorang individu akan merasa tertarik untuk berkomunikasi dengan orang lain. Inilah yang dimaksud dengan simpati yang selanjutnya akan menggerakkan individu untuk mengawali proses interaksi sosial dengan pihak yang lain. Dalam suatu interaksi sosial psikis yang paling mendasar adalah rasa simpati seseorang terhadap orang lain.
  • Adanya Sugesti
     Awal dari proses sugesti adalah adanya kepercayaan yang sangat mendalam dari seseorang kepada orang lain, sehingga orang yang dipercayai akan sangat memengaruhi perilaku bagi orang yang mempercayai. Proses inilah yang dinamakan dengan sugesti.
  • Adanya Empati
      Proses empati merupakan proses psikis, yaitu rasa haru atau iba sebagai akibat tersentuh perasaannya dengan objek yang ada di hadapannya. Melalui panca indra proses empati telah mampu menggerakkan perasaan seseorang untuk melakukan sesuatu terhadap orang lain.
  •  Adanya Identifikasi
     Proses identifikasi terjadi karena teikat oleh suatu aturan yang mengharuskan seseorang menyesuaikan diri seperti orang - orang yang lain. Proses seperti inilah merupakan proses identifikasi. Proses identifikasi dapat juga terjadi atas dasar kesenangan atau kecocokan sehingga tertarik untuk menyesuaikan diri dengan orang - orang yang lain. 
  • Adanya Imitasi
     Sebagai awal dari proses imitasi sesungguhnya adalah adanya kesamaan pola pikir atau tata nilai antara diri seseorang dengan objek yang dikenal melalui panca indra. Sehingga terdorong manusia untuk menirunya. Proses seperti ini merupakan proses imitasi. Pada dasarnya imitasi adalah suatu keinginan seseorang untuk meniru segala sesuatu yang ada pada orang lain. 

Seperti yang pernah saya jelaskan sebelumnya, Pada dasarnya Manusia bahkan Semua Manusia yang ada dimuka bumi ini tidak bisa hidup tanpa adanya bantuan orang lain, bisa bantuan secara materi maupun informasi. kenapa bisa begitu ? karena ya itu memang sudah menjadi kodratnya dari lahir sebagai manusia.

Cukup sekian pembahasan mengenai Faktor - faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Interaksi Sosial semoga bermanfaat ya 😊  juga sempatkan untuk menulis sepatah dua patah kata di dalam kolom komentar, dan jangan lupa Like Fans Page Facebook Kami. Terima Kasih Selamat Belajar dan Mencari Pelajaran 👍👍

1 Response to "Faktor - faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Interaksi Sosial"

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel