Materi Sosiologi SMA tentang Interaksi Sosial

  Selamat Mencari Pelajaran guys 👍, Kali ini saya akan membahasa Materi tentang Sosiologi SMA tentang Interaksi Sosial. Baiklah kita langsung saja.

1. Pengertian Interaksi Sosial ( Pelajaran Sosiologi )

     Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa adanya bantuan orang lain. Oleh karena itu, manusia perlu adanya aktifitas seperti berinteraksi dengan manusia lainnya.

     Interaksi Sosial Berasal dari bahasa inggris Social Interaction yang berarti saling bertindak. Interaksi sosial merupakan hubungan yang sosial dinamis dan bersifat timbal balik antar individu, antar kelopok atau juga individu dengan kelompok.

     Interaksi Sosial terjadi apabila salah satu individu melakukan tindakan sehingga menimbulkan reaksi bagi individu-individu lainnya. Interaksi Sosial ini bisa juga berupa tindakan kerja sama tapi bisa juga berupa persaingan dan pertikaian.

Materi Sosiologi tentang Interaksi Sosial

2. Syarat - syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Agar Interaksi Sosial dapat terjadi, dibutuhkan beberapa syarat. Menurut " Gilin dan Gilin " seperti dikutip oleh Soerjono Soekanto, mari kita simak syarat terjadinya Interaksi sosial dibawah ini :

     A. Kontak Sosial
      Kata ‘kontak’ berasal dari kata ‘con’ atau ‘cum’ (Bahasa Latin: bersama-sama) dan ‘tango’ (Bahasa Latin: menyentuh). Jadi, secara harfiah kontak artinya adalah ‘sama-sama menyentuh’

Pengertian Kontak Sosial, Kontak Sosial adalah Hubungan antara satu pihak dengan pihak yang lainnya yang merupakan awal terjadinya Interaksi Sosial dan masing - masing pihak saling bereaksi satu sama lain meskipun tidak harus bersentuhan secara fisik.

  • Kontak Antar Individu 
     Kontak antar individu adalah kontak yang terjadi karena adanya aktifitas interaksi sosial antara suatu individu dengan individu lainnya. 

  • Kontak antar individu dengan kelompok atau sebaliknya
     adalah kontak yang terjadi antara individu dengan suatu kelompok tertentu. Contohnya : kontak yang terjadi saat seseorang sedang mempresentasikan suatu materi dengan beberapa orang lainnya yang lebih dari satu orang.
  •  Kontak Antara Kelompok dengan Kelompok lainnya
     Kontak yang terjadi antara kelompok satu dengan kelompok lainnya bisa di contohkan seperti, Kontak yang terjadi antara perusahaan A dengan perusahaan B dalam menjalankan Bisnisnya.

     B. Komunikasi 

    ‘Komunikasi’ berasal dari kata ‘communicare’ (Bahasa Latin: berhubungan). Jadi, secara harfiah komunikasi adalah berhubungan atau bergaul dengan orang lain. Pada kontak sosial pengertiannya lebih ditekankan kepada orang atau kelompok yang berinteraksi, sedangkan komunikasi lebih ditekankan kepada bagaimana pesannya itu diproses.

3. Ciri - ciri terjadinya Interaksi Sosial 

Interaksi Sosial Memiliki ciri, diantaranya sebagai berikut :
  1. Adanya komunikasi antar pelakunya
  2. Pelaku berjumlah lebih dari satu orang
  3. Ada dimensi waktu (masa lampau, masa kini, dan masa datang) yang akan menentukan sikap aksi yang sedang berlangsung.
  4. Mempunyai maksud dan tujuan yang jelas, terlepas dari sama atau tidaknya tujuan tersebut dengan yang diperkirakan pelaku.
Baca Juga : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Interaksi Sosial

Tetap Belajar dan Mencari Pelajaran ya guys. Sekian penjelasan mengenai pengertian Interaksi Sosial secara garis besar. jangan lupa Like Fans Page Facebook kami 😄👍

0 Response to "Materi Sosiologi SMA tentang Interaksi Sosial"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel