Sistem Ekonomi Sebagai Alat untuk Memecahkan Masalah Ekonomi


Dalam hal ini saya akan membahas Materi pelajaran ekonomi tentang Sistem Ekonomi Sebagai Alat untuk Memecahkan Masalah Ekonomi.

Menurut Gilarso (1992:486) sistem ekonomi adalah keseluruhan tata cara untuk mengoordinasikan perilaku masyarakat (para konsumen, produsen, pemerintah, bank, dan sebagainya) dalam menjalankan kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, investasi, dan sebagainya) sehingga menjadi satu kesatuan yang teratur dan dinamis, dan kekacauan dapat dihindari.

 Masalah Ekonomi terdiri dari 3 pertanyaan, yaitu

  1. What ( Apa barang yang diproduksi ? )
  2. How ( Bagaimana barang tersebut di produksi ? )
  3. Whom ( untuk siapa barang tersebut di produksi ? )
Sistem Ekonomi Sebagai Alat untuk Memecahkan Masalah Ekonomi

Sistem Ekonomi Sebagai Alat untuk Memecahkan Masalah Ekonomi

Sistem ekonomi merupakan serangkaian ekonomi yang saling berhubungan dan saling ketergantungan satu sama lainnya dalam rangka mencapai suatu tujuan perekonomian.

Pada dasarnya ada 3 ( tiga ) macam sistem yang ada didalam ekonomi yang dikenal,

bisa juga disebut Macam - macam sistem yang ada didalam ekonomi, yaitu sebagai berikut :


1. Sistem Ekonomi kapitalis

    Merupakan sistem dimana seluruh kegiatan dari ekonomi baik dari segi produksi, konsumsi, ataupun distribusi yang diatur oleh swasta. di dalam sistem ekonomi kapitalis murni sendiri seluruh sumber daya yang ada, dimiliki dan dikuasai oleh anggota masyarakt untuk dikembangkan secara bebas. Jawaban dari pertanyaan what, how, whom ditentukan melalui voting atau pilihan sukarela atas dasar kepentingan pribadi yang rasional dan dibuat di pasar bebas
    Kegiatan perekonomiannya sendiri diatur oleh pemerintah pusat begitu pula dengan tiga pertanyaan diatas dilakukan oleh pemerintahan pusat.

2. Sistem ekonomi sosialis

    merupakan sistem dalam ekonomi dimana seluruh kegiatannya baik kegiatan produksi, distribusi sampai konsumsi diatur oleh negara atau pemerintah pusat.

3. Sistem ekonomi campuran

    merupakan sistem ekonomi yang menggambungkan kedua sistem yaitu sistem kapitalis dengan sosialis. dalam sistem ekonomi ini persoalan dan organisasi perekonomian di pecahkan dengan cara bekerja sama antara pemerintah dan swasta.

Macam - macam sistem ekonomi


Di Indonesia sendiri pengaturan kegiatan ekonomi untuk menjawab permasalahan atau pertanyaan dari what, how dan whom dapat dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat ataupun swasta secara bersama-sama, berdasarkan asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi, sekian pembahasan tentang sistem ekonomi untuk memecahkan masalah dalam ekonomi semoga dapat membantu dan menambah wawasan kita.

Rangkuman Sistem Ekonomi Sebagai Alat untuk Memecahkan Masalah Ekonomi :

  1. Masalah pokok ekonomi terkait dengan mencari jawaban atas pertanyaan apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi. Perangkat mekanisme dan institusi yang dipakai untuk menjawab masalah tersebut akan membentuk sistem ekonomi.
  2. Pada saat ini tidak ada satu negara pun yang menganut sistem ekonomi komando ataupun ekonomi pasar secara murni. 3. Indonesia menerapkan sistem ekonomi Pancasila yang di dalamnya terkandung prinsip demokrasi ekonomi. 

0 Response to "Sistem Ekonomi Sebagai Alat untuk Memecahkan Masalah Ekonomi"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel