Cara Melihat Identitas BIOS pada Komputer / Laptop

BIOS merupakan sebuat perangkat lunak yang melekat pada motherboard sebagai pemberi info ihwal perangkat keras apa saja yang tertanam pada komputer tersebut. BIOS tertanam di sebuah chip atau IC BIOS.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi BIOS pada komputer

BIOS pada komputer mempunyai banyak macamnya. Ada 3 BIOS yang paling sering digunakan pada komputer yaitu: AMI BIOS, PHOENIX BIOS dan AWARD BIOS. Masing-masing BIOS mempunyai keunikan sendiri-sendiri, sehingga dalam menampilkan info ke user masing-masing BIOS juga tentu berbeda-beda. Selain menampilkan info BIOS juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi permasalahan pada komputer alasannya yaitu BIOS dapat menunjukkan pesan peringatan yang dapat dianalisa.

Baca juga: Macam-macam BIOS dan instruksi Beep pada BIOS

Bagaimana Cara melihat, BIOS apa yang digunakan pada komputer kita?

Untuk dapat melaksanakan identifikasi permasalahan kita harus tahu terlebih dahulu BIOS apa yang digunakan pada komputer kita, alasannya yaitu masing-masing BIOS mempunyai instruksi pesan berbeda-beda dalam menganalisa kerusakan pada perangkat. Untuk melihat identitas BIOS yang digunakan pada komputer kita, kita dapat menggunakan 3 cara, yaitu:

1. Dengan membuka PC atau Komputer
Cara ini dapat dilakukan untuk melihat secara fisik BIOS yang terpasang pada motherboard. Kita tinggal membuka perangkat komputer kita kemudian kita mampu melihat stiker yang melekat pada motherboard atau chipset

2. Dengan Menggunakan software
Cara ini sangat mudah dilakukan alasannya yaitu kita tidak perlu membongkar perangkat komputer kita. Untuk menggunakan cara ini kita membutuhkan aplikasi suplemen untuk dapat mengidentifikasi BIOS yang terdapat pada perangkat komputer kita. Software yang digunakan yaitu " ctbios ", kita mampu searching ke google.com untuk dapat mengunduh aplikasi ini. Dengan aplikasi ini dapat membantu anda untuk mengenali BIOS, menunjukkan info ihwal motherboard, chipset bahkan password BIOS.

3. Membaca identitas BIOS pada ketika komputer melaksanakan booting atau POST

Baca juga: Pengertian dan Fungsi POST pada Komputer

Pada ketika komputer pertama dinyalakan, atau setelah kita menekan tombol power pada komputer, maka komputer akan melaksanakan prosedur POST. Pada ketika prosedur POST ini kita dapat melihat info BIOS apa yang digunakan pada komputer kita. Identitas BIOS biasanya terletak di bab bawah dari semua informasi.

0 Response to "Cara Melihat Identitas BIOS pada Komputer / Laptop"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel