Riset Katakan Parno Ada Gunanya Lho Bagi Kesehatan

Riset Katakan Parno Ada Gunanya Lho Bagi KesehatanFoto: ilustrasi/thinkstock

Jakarta, Sekali-dua kali merasa gelisah atau takut sebab suatu hal merupakan hal yang wajar. Tetapi kalau sudah berlebihan, kasihani psikis Anda dong.

Namun untuk urusan kesehatan, parno atau paranoid ternyata memiliki manfaat positif. Hal ini didasarkan pada pengamatan terhadap lebih dari 500.000 orang berusia 37-73 tahun.

Masing-masing ditanya perihal gaya hidup dan riwayat penyakit, termasuk apakah mereka merasa sehat atau tidak. Untuk memperkuat hasil kuesioner tersebut, peneliti juga melaksanakan tes kepribadian pada partisipan. Partisipan kemudian diamati selama enam tahun.

Dari data tersebut terungkap mereka yang cenderung neurotik atau parno, gugup, frustrasi dan khawatir dengan kesehatannya memiliki risiko final hidup yang tinggi.

Namun menariknya, saat peneliti mencoba mengamati status kesehatan partisipan dari laporan langsung mereka ditemukan hal sebaliknya.

Mereka yang merasa kesehatannya tidak begitu ideal namun neurotiknya tinggi, terjadi penurunan risiko final hidup sebab banyak sekali hal, utamanya kanker.

Baca juga: Suka Sebarkan Hate Speech? Bisa Kaprikornus Punya Gangguan Neurotik

"Ternyata kaitan keduanya ini sifatnya sangat bervariasi, tergantung pada bagaimana mereka menilai kesehatannya sendiri," ungkap ketua tim peneliti Catharine Gale dari University of Edinburgh dan University of Southampton ibarat dilaporkan Time.

Sebaliknya, mereka yang menganggap dirinya sangat sehat tetapi neurotiknya juga tinggi, tidak ditemukan dampak apapun pada risiko final hidup mereka. "Tetapi kalau mereka merasa tidak begitu sehat dan cenderung parno pada kesehatannya, kondisi ini ternyata menawarkan efek perlindungan, walaupun hanya sedikit," imbuh Gale.

Menurut hemat Gale, menjadi seseorang yang neurotik atau cenderung parno pada kesehatannya justru mendorong mereka untuk rajin ke dokter atau menggunakan layanan kesehatan yang ada.

Dengan begitu, saat mereka sakit betulan, mereka akan menerima diagnosis lebih dini dan outcome yang dihasilkan juga menjadi lebih bagus, salah satunya pengobatan yang lebih efektif.

Namun ada baiknya untuk tidak besar hati jikalau memiliki kecenderungan neurotik ini mengingat kondisi mental ini dikaitkan dengan gangguan mental ibarat depresi.

Baca juga: Pria yang Mudah Cemas dan Wanita yang Teliti Lebih Susah Punya Anak
Sumber detik.com

0 Response to "Riset Katakan Parno Ada Gunanya Lho Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel