Ingin Menghindari Merkuri, Ibu Gigi Hadid Hapus Tambalan Lama Giginya

Ingin Menghindari Merkuri, Ibu Gigi Hadid Hapus Tambalan Lama GiginyaYolanda Hadid lakukan prosedur untuk menghilangkan amalgam merkuri di giginya. Foto: Instagram/Yolanda

Jakarta, Ibu dari model ternama dunia Gigi Hadid, Yolanda Hadid (53) baru-baru ini mengunggah fotonya di Instagram bahwa ia telah menjalani prosedur kontroversial untuk menghapus tambalan lama dari giginya.

"Saya menghilangkan semua amalgam merkuri saya," tulisnya di foto tersebut.

Amalgam biasanya digunakan sebagai penambal gigi yang berlubang dengan berbahan dasar logam yang mengandung merkuri. Bagian gigi yang rusak dihilangkan oleh dokter gigi dengan cara dibor dan kemudian ditambal dengan amalgam.

Tujuannya dilakukan prosedur penghilangan amalgam pada gigi ini ialah untuk membersihkan racun potensial dari tubuh. Dikutip dari New York Post, Selasa (1/7/2017), komunitas kedokteran gigi mengatakan bahwa prosedur semacam berbahaya.

Baca juga: Marak Dijual Pemutih Gigi Instan, Aman atau Tidak Ya?


Dokter gigi dari Herald Aquare, Idelle Brand mengatakan bahwa ia menerima sekitar 15 pasien yang memiliki keluhan ibarat Yolanda. dr Brand melaksanakan prosedur ini sekitar 30 kali dalam satu bulan.Ia menyebutnya 'prosedur keselamatan merkuri'.

Menurutnya amalgam gigi berkaitan dengan penyakit autoimun. Ia pun percaya bahwa menghilangkan amalgam yang mengandung merkuri tersebut dapat membuat antibodi bekerja optimal untuk melawan penyakit.

Namun, Asosiasi Dokter Gigi Amerika mengatakan bahwa prosedur ibarat itu tidak diharapkan bahkan berbahaya. Asosiasi ini bahkan menganggap tidak etis bagi seorang dokter gigi untuk menghilangkan jenis tambalan ini hanya untuk menggantinya dengan yang lain.

Profesor kedokteran gigi umum dari Universitas Stony Brook, Amerika Serikat, Ying Gu, PhD mengatakan penelitian memperlihatkan bahwa merkuri dalam jumlah kecil yang disebabkan karena penambalan gigi tidak memiliki efek samping.

"Tinjauan ilmiah yang ekstensif memperlihatkan bahwa tidak ada bukti yang memadai untuk mengaitkan amalgam gigi dengan banyak sekali keluhan penyakit lainnya," ujarnya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh dokter gigi dari Cosmetic Dental Associates yang juga merupakan anggota Asosiasi Dokter Gigi Amerika, John Moore bahwa prosedur tersebut tidak direkomendasikan.

Baca juga: Nyeri Saat Tambal Gigi, Wajar atau Nggak Ya?


Sumber detik.com

0 Response to "Ingin Menghindari Merkuri, Ibu Gigi Hadid Hapus Tambalan Lama Giginya"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel