Kebiasaan Sehari-hari Ini Tanpa Sadar Bisa Menimbulkan Nyeri Otot

Kebiasaan Sehari-hari Ini Tanpa Sadar Bisa Menimbulkan Nyeri OtotAktivitas yang dianggap sepele mampu sebabkan nyeri otot. Foto: thinkstock

Jakarta, Nyeri otot mampu disebabkan oleh beberapa hal. Selain karena trauma, aktivitas sehari-hari ini tanpa sadar mampu jadi penyebab rasa sakit pada pundak dan sekitarnya.

Ditemui detikHealth di daerah Pakubuwono, Jakarta baru-baru ini, dr Iman Widya Aminoto, SpOT, membagikan rujukan aktivitas sehari-hari yang mampu memicu rasa sakit pada otot. Ini ia di antaranya.

1. Posisi tangan dikala bekerja

Posisi tangan dikala mengetik di meja kantor mampu jadi penyebab rasa nyeri otot. Menurut dr Iman, idealnya posisi tangan berada di bawah dada. "Selain itu posisinya juga jangan kaku, gini melulu (memeragakan tangan lurus ke depan), kalo kaku terus pasti kan sakit," jelasnya.

Sempatkan di sela-sela kerja untuk melaksanakan peregangan selama sepuluh menit. Lakukan dengan perlahan. Jika terasa sakit, hindari gerakan tangan yang mengarah ke atas dan melebih kepala.

Baca juga: Peneliti Sebut Kadar Kolesterol Tinggi Berhubungan dengan Nyeri Otot


2. Terlalu sibuk bekerja

Sebanyak 78 persen nyeri yang menjalar sampai ke leher disebabkan oleh yang disebut stress related syndrome. Stres ini mampu datang karena terlalu memikirkan pekerjaan atau hal lainnya.

Kalau sudah begitu, menurut dr Iman, cara yang mampu dilakukan untuk menyembuhkannya dengan cara ambil cuti dan pergi liburan. "Jalan-jalan dan matikan handphone, biarkan otot beristirahat," ujarnya.

Baca juga: Tulang dan Otot Nyeri, Tanda Radang Sendi?

3. Cara membawa tas yang salah

Untuk urusan beban, sebetulnya ini tergantung dari seberapa banyak beban yang sanggup orang tersebut bawa. Hanya saja, ketika beban tersebut dibawa dengan cara yang kurang sempurna mampu menimbulkan rasa nyeri otot maupun sendi.

Ketika menjinjing barang dengan beban berat yang sebaiknya dilakukan ialah dengan cara di jinjing dengan genggaman tangan mengarah ke atas, bukan ke bawah ibarat yang seringnya dilakukan banyak orang. "Sebenarnya gaya ibu sosialita bawa tas itu yang disarankan," ujar dr Iman yang disambut gelak tawa.

Namun ketika membawa koper, ia menyarankan untuk menggunakan koper yang beroda empat. Koper dengan model ibarat itu akan membantu orang berjalan secara sejajar dengan koper sehingga otot tidak terlalu ditarik kebelakang dan berisiko robek.

Baca juga: Sering Nyeri Otot dan Mengantuk? Bisa Makara Anda Sedang Stres


Sumber detik.com

0 Response to "Kebiasaan Sehari-hari Ini Tanpa Sadar Bisa Menimbulkan Nyeri Otot"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel