Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan Kanker Usus

Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan Kanker Usus serta Makanan yang Sebaiknya Dihindari oleh Penderita Kanker Usus _Berbicara ihwal usus, memang organ yang satu ini berperan sangat penting dalam kelangsungan hidup manusia. Karena usus ialah salah satu organ penting dalam tubuh, yang berfungsi sebagai alat pencerna. Jadi, apabila hingga terjadi hal buruk pada usus maka bisa di bayangkan betapa seriusnya persoalan yang akan dialami.
Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan Kanker Usus
Berbicara mengenai salah satu penyakit yang menyerang usus, maka kanker usus ialah salah satunya. Kanker usus merupakan salah satu kanker ganas yang biasanya menggerogoti permukaan usus besar.

Untuk itu sangat penting bagi kita mengetahui seluk beluk penyakit kanker usus ini. Dengan mengetahuinya, otomatis kita bisa tahu apa saja yang menjadi penyebab dan tindakan-tindakan apa yang harus kita lakukan untuk menghindarinya, serta pengobatan apa yang sebaiknya di lakukan.

A. Penyebab kanker usus 
Kalau kita lihat dari fungsinya, yang bertugas untuk menyerap zat dalam makanan, bisa disimpulkan secara garis besar yang menyebabkan terdinya kanker usus umumnya berasal dari makanan atau minuman yang di konsumsi.

Makanan atau minuman yang mengandung zat berbahaya bagi tubuh, kalau dikonsumsi secara terus menerus akan mengendap pada usus dan bisa menjadi penyebab kanker usus. Namun ada beberapa faktor  selain makanan yang mendorong terjadinya kanker usus. Dan berikut ini  adalah fakto-faktor tersebut

1. Faktor usia
Satu dari empat orang, pada dikala menginjak usia 50 tahun akan memiliki polip. Dan polip ini bisa beresiko menjadi kanker. Maka dari itulah faktor usia sering disebut-sebut sebagai faktur pemicu terjadinya kanker usus.

2. Genetik
Menurut penelitian yang telah dilakukan, sekitar 25 % kasus kanker usus besar berkaitan dengan faktor keturunan. Jadi, kalau Anda ada riwayat keluarga yang punya keluhan penyakit kanker usus ini, Anda harus waspada. Jaga pola makan dan gaya hidup Anda. Tak ada salahnya kalau tiap 6 bulan sekali melaksanakan pengecekan ke dokter.

3. Diabetes 
Penyakit diabetes merupakan salah satu faktor yang memicu terjadinya kanker usus besar. Karena ketika penderita diabetes ketergantungan terhadap insulin, maka hal itu bisa memicu perkembangan sel kanker dalam usus.

4. Radang usus 
Semakin lama seseorang menderita penyakit radang usus, maka akan semakin meningkatkan resiko terjadinya kanker kolorektal. Kanker kolorektal merupakan salah satu jenis kanker yang tumbuh di usus besar.

5. Kurang olahraga 
Olahraga merupakan salah satu kunci seseorang untuk memelihara kesehatan tubuh. Sebuah penelitian menjukkan bahwa kurang olahraga merupakan salah satu pemicu berkembangnya penyakit kanker usus besar.

B. Gejala penyakit kanker usus yang wajib diwaspadai
Untuk mewaspadai terjadinya kanker usus yang mungkin terjadi pada tubuh, inilah gejala-gejala kanker usus yang perlu diketahui :

1. Terkadang terjadi diare dan sembelit tanpa alasannya ialah yang jelas.
2. Adanya darah dan lendir pada feses dikala buang air besar.
3. Berat tubuh turun.
4. Terasa sakit di perut.
5. Merasa lelah terus menerus.
6. Setelah buang air besar perut masih terasa penuh.
7. Perut terasa kembung, dan penuh.

C. Pengobatan alami untuk kanker usus 
Bagi sebagian orang, mungkin akan lebih nyaman bila melaksanakan usaha penyembuhan penyakitnya dengan menggunakan cara alami daripada harus mengkonsumsi obat-obatan kimia atau menjalani tindakan operasi. Dan itu sah-sah saja di coba.

Nah, beberapa tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai ramuan untuk mengobati penyakit kanker usus ini. Dan berikut ini beberapa di antaranya:

1. Daun sirsak
Daun sirsak sudah terkenal semenjak lama sebagai obat tradisional yang bisa menyembuhkan aneka macam macam jenis penyakit. Dan salah satunya ialah kanker usus besar. Itu karena kandungan acetogenins yang ada pada daun sirsak yang di yakini merupakan senyawa anti kanker.

Sedangkan cara untuk memanfaatkan daun sirsak ini sebagai obat anti kanker usus ialah dengan cara merebusnya selama kurang lebih dua puluh menit. Setelah itu, kemudian saring daunnya, dan lalu minum airnya dikala sudah hangat . Sebaiknya pengobatan ini dilakukan secara rutin biar proses penyembuhannya dapat berjalan secara maksimal.

2. Daun keladi tikus
Daun keladi tikus bisa mencegah berkembangnya sel-sel kanker dalam tubuh. Karena daun ini mengandung Ribozome Inactivating Protein yang bisa memutuskan rantai DNA kanker ataupun tumor.

Cara penggunaan daun keladi tikus untuk mengobati kanker ialah sebagai berikut :

1. Siapkan beberapa lembar daun keladi tikus, lalu bersihkan. Rendam daun tersebut selama kurang lebih selama setengah jam.
2. Hancurkan hingga halus, lalu saring dengan kain bersih.
3. Setelah itu campur air perasan dengan madu, dan aduk hingga rata.
4. Lalu minumlah ramuan tersebut hingga habis. Sebaiknya konsumsi ramuan daun keladi tikus tersebut tiga kali dalam sehari. Minum secara rutin setiap hari

3. Kunyit putih 
Sama halnya dengan daun keladi tikus, kunyit putih juga merupakan tanaman yang mengandung Ribozome Inactivating Protein. Selain itu kunyit putih juga banyak mengandung anti curcumin dan anti oksidan.

Kandungan-kandungan tersebutlah yang bisa menimbulkan kunyit putih sebagai obat aneka macam jenis penyakit. Termasuk penyakit kanker usus besar. Untuk pengolahan kunyit putih ini, hampir sama dengan cara sebelumnya, yaitu di ambil sarinya, kemudian di campur madu, dan di minum rutin setiap hari.

4. Sarang semut 
Sarang semut, terlebih sarang semut asli papua, kaya akan kandungan anti oksidan dan anti kanker. Sehingga tak heran kalau sarang semut banyak di manfaatkan dalam penyembuhan aneka macam macam penyakit.

Dan untuk penyakit kanker, sarang semut mempunyai khasiat menghambat pembelahan sel kanker, menghentikan pertumbuhan sel kanker, meningkatakan imun tubuh, dan aneka macam manfaat lannya. Untuk mengkonsumsinya, bisa dengan cara direbus lalu diminum. Untuk menerima hasil terbaik, minumlah ramuan ini secara teratur setiap harinya.

5. Tapak dara 
Tanaman ini juga memiliki kegunaan untuk mengobati penyakit kanker usus karena mengandung senyawa Vinkristin dan Vinblastin. Cara memanfaatkannya ialah dengan cara membuatnya ramuan yang dicampur dengan kulit kayu pulasari, gula merah, dan buah adas.  Cara pembuatan ramuan ini ialah dengan mencampurkan semua materi lalu direbus dengan tiga gelas air. Setelah itu diminum sebanyak setengah gelas secara rutin, sebaiknya tiga kali sehari.

D. Makanan yang sebaiknya di hindari penderita kanker usus
Selain memanfaatkan tanaman sebagai obat untuk penyembuhan kanker usus, ada pula makanan yang sebaiknya dihindari biar proses penyembuhan berlangsung lebih singkat. Makanan-makanan itu antara lain :

1. Makanan yang mengandung zat kimia 
Bagi penderita kanker usus sebaiknya menghindari makanan yang mengandung zat kimia ibarat makanan kaleng atau makanan cepat saji. Karena zat kimia yang terkandung dalam makanan bisa memicu pertumbuhan sel kanker.

2. Buah kelengkeng, durian, dan nangka
Memang baik bagi semua orang untuk mengkonsumsi buah. Namun bagi penderita kanker usus, sebaiknya menghindari buah kelengkeng, durian, dan juga nangka.

Hal ini dikarenakan beberapa kandungan dalam buah tersebut yang merugikan bagi penderita kanker usus. Seperti contohnya durian yang tinggi akan kandungan alkohol. Kandungan alkohol ini bisa merangsang pertumbuhan sel kanker. Sedangkan kelengkeng dan nangka juga mempunyai kandungan zat alami yang beresiko memicu pertumbuhan sel kanker dengan cepat.

3. Makanan berkadar kolesterol tinggi
Makanan berkolesterol tinggi sangat tidak baik bagi orang yang menderita penyakit kanker usus. Makara sebaiknya hindarilah makanan ini.

4. Sayur kangkung, sawi, dan tauge
Kangkung dan sawi merupakan sayuran yang bisa menghambat proses kerja obat. Makara percuma saja bila kita mengkonsumsi obat untuk penyembuhan, tapi kita juga mengkonsumsi makanan yang menghambat obat tersebut untuk bekerja. Sedangkan tauge mempunyai kandungan yang dapat mendorong tumbuhnya sel kanker pada usus. Makara sebaiknya hindari sayur-sayuran ini.

E. Cara mencegah penyakit kanker usus 
Pastinya tidak ada orang yang menginginkan timbulnya penyakit di tubuhnya. Apalagi penyakit kanker usus yang mematikan. Namun ada beberapa hal yang perlu untuk diketahui dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari biar terhindar dari penyakit kanker usus ini.

1. Hindarilah makanan yang mengandung materi kimia. Selain itu batasi konsumsi makanan yang terasa sangat pedas, makanan dengan kuah santan yang kental, berlemak, dan makanan yang tinggi protein namun rendah serat.
2. Konsumsi buah dan sayur seimbang setiap hari.
3. Rajinlah berolahraga.
4. Hindari diet ketat yang bisa membuat imunitas tubuh meurun
5. Hindari r0k0k.
6. Lakukan tes darah samar semenjak umur 40 untuk pendeteksian dini.

Itulah yang perlu diperhatikan guna mencegah penyakit kanker usus dalam tubuh. Karena melaksanakan pencegahan sedini pastinya lebih baik. Semoga bermanfaat

Demikian ihwal Penyebab kanker usus serta Gejala, cara penyembuhan, dan cara pencegahannya. Semoga isu ini bermanfaat.

0 Response to "Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan Kanker Usus"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel