Meski Buta Warna, Wanita Ini Sukses Jadi Ilustrator

Meski Buta Warna, Wanita Ini Sukses Makara IlustratorButa warna tak menghalangi Tania menjadi ilustrator. (Foto: Instagram/taniawalker)

Jakarta, Namanya Tania Walker. Ia sudah lama tahu bila dirinya mengidap buta warna. Tetapi ia bertekad bila kondisi ini takkan menghalangi mimpinya menjadi ilustrator handal.

Kelemahan Tania hanyalah pada warna merah dan hijau. Kesulitan membedakan merah dan hijau merupakan kondisi buta warna yang paling umum.

"Anda mampu lihat, karya-karya saya jarang menggunakan warna hijau. Hijau ialah problem betulan bagi saya, jadi saya menghindarinya," tuturnya menyerupai dilaporkan ABC Australia.

Tak hanya itu, Tania juga bekerja sebagai eksekutif seni di sebuah perusahaan pengembang permainan digital. Justru dalam pekerjaannya ini, ia terbantu dengan beragam agenda komputer yang ada.

"Di agenda menyerupai Photoshop, tiap warna tercipta dari campuran warna-warna lain dengan persentase tersendiri sehingga memudahkan saya untuk membayangkan menyerupai apa warnanya," paparnya.

Baca juga: Tensi Tinggi, Pria Bisa Mendadak Buta Warna

Namun sebagai alat bantu, baru-baru ini wanita asal Tasmania, Australia itu membeli kacamata khusus untuk membantu orang-orang dengan buta warna menyerupai dirinya. Ketika memakai kacamata itu, Tania mengaku warna merah dan hijau pribadi bermunculan di depan matanya, seolah-olah ia belum pernah melihat kedua warna itu sebelumnya.

"Setidaknya sekarang saya mampu membedakan warna pohon dan rerumputan, termasuk membedakan rumput yang sudah mati dan masih hidup," ungkapnya.

Meski demikian, Tania bersikeras untuk tidak menggunakan kacamata itu dikala membuat denah maupun ilustrasi.

Salah satu karya Tania yang buta warna.Salah satu karya Tania yang buta warna. Foto: Instagram/taniawalker


"Jika Anda mencintai apa yang Anda lakukan, hambatan menyerupai itu takkan berarti apa-apa bagi Anda. Faktanya, ini menjadi tantangan tersendiri," tambahnya.

Baca juga: 8 Penyakit Keturunan yang Sulit Dicegah

Buta warna pada wanita terbilang jarang, yaitu diperkirakan hanya terjadi pada 1 dari 200 wanita. Sebaliknya kondisi ini lebih umum ditemukan pada pria, yaitu dengan perbandingan 1 dari 12 pria.

Penyebab utamanya ialah faktor genetik, namun mampu juga dipicu gangguan kesehatan lain menyerupai diabetes atau multiple sclerosis. Kebanyakan penderita buta warna tidak mampu membedakan warna hijau dan merah, sedangkan buta warna total atau hanya mampu melihat hitam putih sangat jarang ditemukan alias langka.


Sumber detik.com

0 Response to "Meski Buta Warna, Wanita Ini Sukses Jadi Ilustrator"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel