Rajin Fitness Tapi Tubuh Nggak Berotot Juga? Begini Kata Dokter

Rajin Fitness Tapi Tubuh Nggak Berotot Juga? Begini Kata DokterMembentuk badan berotot mampu lama ataupun cepat tergantung pada jenis ototnya. Foto: Thinkstock

Jakarta, Makin ramainya sentra kebugaran (gym) disebabkan karena makin banyaknya orang yang mulai sadar akan badan sehat. Namun tidak sedikit yang beralasan karena ingin meningkatkan otot-ototnya dan membuat tubuhnya lebih kekar.

Tidak hanya pria, wanita pun sudah banyak yang mengenal fitness. Mulai dari ingin perutnya rata, dadanya lebih kencang, sampai ingin membentuk bokongnya menyerupai Kim Kardashian.

Namun tidak semua keinginan berjalan secara mulus. Sebagian orang mulai merasa putus keinginan dikala menyadari bahwa bentuk tubuhnya tidak sesuai dengan keinginannya padahal sudah melaksanakan fitnes berkali-kali.

Menanggapi hal tersebut, dokter seorang jago kedokteran olahraga dari RS Mitra Kemayoran, dr Michael Triangto, SpKO mengatakan hal tersebut tergantung dari jenis otot yang dimiliki.

Baca juga: Mel C Manggung dengan Lengan Kekar, Begini Lho Rahasianya

"Otot itu ada dua jenis, ialah serat otot lambat (slow-twitch fibers) yang berwarna merah dan serat otot cepat (fast-twitch fibers) yang berwarna putih," ujarnya kepada detikHealth baru-baru ini.

Menurut pengasuh konsultasi kesehatan detikHealth ini, orang yang mayoritas memiliki otot dengan serat yang lambat cenderung proses pembentukan otot dan tubuhnya akan membutuhkan waktu yang lama.

"Walau sudah latihan, latihan, latihan terus, makan makanan bersih, terus minum suplemen, pasti lama nggak kelihatan," terperinci dr Michael.

"Kalau punya otot yang mayoritas otot putih mampu lebih cepat berhasil, mudah terlihat," imbuhnya.

dr Michael menyarankan untuk melaksanakan pemeriksaan terkait otot yang dimiliki, hal ini dapat mempermudah kita untuk memprediksi cepat atau lambatnya peningkatan otot-otot. Juga mempermudah merencanakan olahraga apa yang tepat.

"Pemeriksaannya dulu biopsi, sekarang mampu pakai tes DNA," pungkasnya.

Baca juga: Pagi-pagi Sudah Nge-gym, Gaya Hidup Obama Layak Makara 'Fitness Goal'


Sumber detik.com

0 Response to "Rajin Fitness Tapi Tubuh Nggak Berotot Juga? Begini Kata Dokter"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel