Tahun 2050, Kebutaan di Dunia Diprediksi Meningkat Tiga Kali Lipat

Tahun 2050, Kebutaan di Dunia Diprediksi Meningkat Tiga Kali LipatKasus kebutaan diprediksi akan meningkat seiring bertambahnya populasi lansia. (Foto: Thinkstock)

Jakarta, Dengan semakin berkembangnya ilmu medis, kini semakin banyak orang dapat menikmati hidup sampai tua. Meski positif, ternyata kondisi ini juga membawa dampak tak diinginkan, yaitu makin meledaknya populasi usia lanjut yang menghadapi kondisi degeneratif.

Dalam laporan terbaru di jurnal The Lancet, salah satu kondisi degeneratif itu ialah penurunan fungsi penglihatan. Biasanya orang renta rentan mengalami katarak atau glaukoma yang jikalau dibiarkan dapat mengakibatkan kebutaan.

Baca juga: Operasi Katarak Sudah Dilakukan Ribuan Tahun Lalu, Seperti Apa?

Untuk ketika ini analisis data dari 188 negara menyampaikan kira-kira ada sekitar 200 juta orang yang hidup dengan gangguan penglihatan sedang sampai berat. Angka tersebut diprediksi akan meningkat sampai lebih dari 550 juta pada tahun 2050.

"Bahkan gangguan penglihatan yang ringan sekalipun dapat secara signifikan memengaruhi kehidupan seseorang," ujar pemimpin studi Profesor Rupert Bourne dari Anglia Ruskin University.

"Sebagai contohnya persoalan penglihatan ini akan mengurangi kebebasan mereka... Orang-orang jadi tidak mampu lagi menyetir kendaraan," lanjut Prof Rupert menyerupai dikutip dari BBC, Kamis (3/8/2017).

Asia Selatan, Asia Timur, dan Afrika sub-Sahara disebut sebagai kawasan yang paling buruk terpengaruh dalam hal persoalan penglihatan ini.

Dalam laporannya peneliti menyarankan biar negara-negara dan yayasan internasional lebih banyak menginvestasikan sumber dayanya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di kawasan terkait. Operasi katarak atau pinjaman kacamata ialah referensi pelayanan yang ketika ini mudah dilakukan.

"Terapi itu murah dan membutuhkan sedikit infrastruktur. Negara-negara dapat memperoleh kembali biaya yang dikeluarkan ketika orang-orang itu mampu kembali bekerja," pungkas Prof Rupert.

Baca juga: Faktor Tidak Tahu Makara 'Batu Sandungan' Penanganan Katarak di Indonesia
Sumber detik.com

0 Response to "Tahun 2050, Kebutaan di Dunia Diprediksi Meningkat Tiga Kali Lipat"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel