Kisah Nabi Adam AS Part 2 Lengkap Terlahir Berasal dari Tanah

Kisah Nabi Adam AS yang Terlahir Berasal dari Tanah

Mencaripelajaran.net | Kata Adam berasal dari Adim. Adimul Ardli berarti permukaan bumi. Nama Adam erat kaitannya dengan bahan penciptaan. Adam diciptakan dari tanah yang ada di permukaan bumi. Setelah wafat, Adam dan anak cucunya juga akan dikuburkan didalam tanah.

Akhirnya, wujud Nabi Adam AS menjadi sempurna. Allah kemudian meniupkan ruh kepadanya. Setelah ruh ditiupkan, Allah menyampaikan sebuah titah kepada para malaikat. Titah itu juga berlaku bagi makhluk lain yang berada dekat dengan malaikat. Isi titah menyebutkan agar para malaikat bersujud kepada Nabi Adam AS. Namun, ada makhluk yang membangkang. dialah si sombong iblis, makhluk dari kalangan bangsa jin ini merasa sok hebat. dia merasa lebih mulia ketimbang Nabi Adam. Alasannya, iblis diciptakan dari api, sedakan Nabi Adam Berasal dari Tanah, Api lebih baik dari pada tanah ?


sifat sombong iblis terlihat dari dua sikap

1. iblis memandang rendah Nabi Adam AS. dimata iblis. Nabi adam hanyalah makhluk kemarin sore, sedangkan dia sudah ada jauh sebelum Nabi Adam AS ada. lalu, adam pun diciptakan dari tanah, sedangkan dia diciptakan dari api. masa, dia harus hormat kepada makhluk seperti Nabi Adam AS itu.

2. iblis menolak kebenaran, iblis menolak untuk bersujud kepada Nabi Adam AS, padahal dia tahu bahwa yang memberi titah itu adalah Allah SWT.

Penolakan iblis jelas merupakan kedurhakaan. Allah murka kepadanya. Akibatnya, dia diusir dari surga. Tak hanya itu, iblis juga mendapat laknat Allah sampai hari kiamat. Ciri orang yang mendapat laknat Allah ialah tak bisa keluar dari kesesatan. Itulah sebabnya, iblis selamanya berada dalam kesesatan. Bermula dari kesombongan, selanjutnya muncul kedengkian. Iblis merasa tidak nyaman lagi. Pasalnya, ada makhluk yang mendapat kemuliaan lebih darinya. Dia tak terima. Tidak boleh ada makhluk lain yang mengunggulinya. Oleh karena itu, dia ingin membuktikan kalau Adam itu tidak ada apa-apanya. Caranya, dia akan berusaha menyesatkan Adam dan anak-cucunya.

Maka, kadung mendapat laknat, iblis meminta tempo. Dia meminta umur panjang. Tak tanggung-tanggung, sampai hari kiamat. Umur selama itu akan dipergunakannya untuk membalas dendam. Iblis tidak ingin sendirian berada di neraka. Dia ingin membawa Adam dan keturunannya turut serta.

Proses Terciptanya Hawa & Lahir kebumi

Hidup seorang diri tidaklah mengenakkan. Hal ini juga dirasakan Adam. Tak ada teman curhat. Tak ada kawan berbagi baik dalam suka maupun duka. Pendek kata, Adam merasakan kesepian. Ia membutuhkan seorang pendamping. Kemudian, Hawa diciptakan. Bahannya diambil dari tulang rusuk Adam. Ketika itu, Adam yang sedang terlelap tidur Allah mengambil tulang rusuknya yang sebelah kiri. Walau diambil tulang rusuk, Adam tak merasakan sakit. Sekiranya merasa sakit, tentu Adam tidak akan sayang kepada Hawa.

Setelah Hawa tercipta, para malaikat bertanya, "Adam, siapa yang ada di samping kau?"
"Seorang perempuan"
"Siapa namanya?"
"Hawa"
"Untuk apa Allah menciptakan Hawa?"
"Untuk mendampingi saya, memberi saya kebahagiaan, dan memenuhi keperluan hidup saya sesuai dengan kehendak Allah."

Kebahagiaan semakin lengkap. Allah menyuruh Adam dan Hawa tinggal di surga. Kehidupan di sana serba enak. Apa saja boleh dilakukan. Mereka bebas mencicipi apa saja sepuasnya. Namun, ada satu pantangan. Adam dan Hawa tidak boleh mendekati pohon larangan. Larangan ini harus dipatuhi. Jika tidak, mereka bisa celaka. Di surga, Adam tidak perlu mencari nafkah. Segala keperluan sudah tersedia. Pendek kata, Adam dan Hawa tidak akan kelaparan, kehausan, dan kelelahan. Sungguh menyenangkan. Semua boleh dilakukan. Yang penting tidak dekat-dekat dengan pohon larangan. Mudah, bukan?

0 Response to "Kisah Nabi Adam AS Part 2 Lengkap Terlahir Berasal dari Tanah"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel