5 Jenis Sumber Daya Alam Dan Manfaatnya

5 Jenis Sumber Daya Alam Dan Manfaatnya-Salah satu faktor yang memang mendukung kehidupan makhluk hidup di bumi ini ialah lingkungan. Dimana lingkungan telah menyediakan banyak sekali sumber kehidupan mirip makanan, minuman, dan lain sebagainya. Sumber sumber tersebut biasa disebut dengan sumber daya alam. Dimana yang mempunyai 5 Jenis Sumber Daya Alam Dan Manfaatnya yang mungkin sedikit kita ketahui.
Sumber Daya Alam didefinisikan sebagai sesuatu yang mempunyai fungsi sebagai lingkungan hidup yang berada di lingkungan alam dimana insan menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan kata lain Sumber daya alam ialah kekayaan alam baik itu biotik maupun abiotik yang sanggup dipergunakan insan untuk memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan hidupnya masing masing.
Inilah 5 Jenis Sumber Daya Alam Dan Manfaatnya yang akan disampaikan berikut ini :

5 Jenis Sumber Daya Alam Dan Manfaatnya
Macam macam sumber Daya Alam
5 Jenis Sumber Daya Alam Dan Manfaatnya yang pertama ialah :
Sumber daya alam dibedakan menurut sifat, potensi, dan jenisnya.
a. Berdasarkan sifat 
Menurut sifatnya, sumber daya alam sanggup dibagi 3, yaitu sebagai berikut :
1. Sumber daya alam yang terbarukan misalnya: hewan, tumbuhan, mikroba, air, dan tanah. Disebut ter barukan alasannya ialah sanggup melaksanakan reproduksi dan mempunyai daya regenerasi
2. Sumber daya alam yang tidak terbarukan misalnya: minyak tanah, gas bumf, kerikil tiara, dan materi tambang lainnya.
3. Sumber daya alam yang tidak habis, misalnya, udara, matahari, energi pasang surut, dan energi laut.

b. Berdasarkan potensi
Menurut potensi penggunaannya sumber daya alam dibagi menjadi beberapa macam, antara lain sebagai berikut.
1. Sumber daya alam materi merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan dalam bentuk fisiknya. Misalnya, batu, besi, emas, kayu, serat kapas, rosela, dan sebagainya.
2. Sumber daya alam energi merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan energinya. Misalnya kerikil bara, minyak bumi, gas bumi, air terjun, sinar matahari, energi pasang surut laut, kincir angin, dan lain-lain.
3. Sumber daya alam ruang merupakan sumber daya alam yang berupa ruang atau daerah hidup, contohnya area daratan dan angkasa.

c. Berdasarkan jenis
Menurut jenisnya, sumber daya alam dibagi dua sebagai berikut :
1. Sumber daya alam nonhayati disebut juga sumber daya alam fisik, yaitu sumber daya alam yang berupa benda-benda mati. Misalnya : materi tambang, tanah, air, dan kincir angin.
2. Sumber daya alam hayati merupakan sumber daya alam yang berupa makhluk hidup. Misalnya: hewan, tumbuhan, mikroba, dan manusia.

Sumber Daya Tumbuhan
Berbicara perihal sumber daya alam tumbuhan kita tidak bisa menyebutkan jenis tumbuhannya melainkan kegunaannya. Misalnya mempunyai kegunaan untuk pangan, sandang, pagan, dan rekreasi. Akan tetapi untuk bunga bunga tertentu, mirip melati, anggrek bulan, dan Rafflesia arnoldi merupakan pengecualian alasannya ialah ketiga tumbuhan bunga tersebut semenjak tanggal 9 Januari 1993 
Tumbuhan memang mempunyai kemampuan untuk menghasilkan oksigen dan tepung melalui proses fotosintesis. Oleh karenanya, tumbuhan merupakan produsen atau penyusun dasar rantai makanan.
Teknologi yang digunakan tidak hingga merusak kemampuan sumber daya untuk pembaruannya. Sebagian hasil panen harus digunakan untuk menjamin pertumbuhan sumber daya alam hayati. Dampak negatif pengelolaannya harus ikut dikelola, contohnya dengan daur ulang. Pengelolaannya harus secara serentak disertai proses pembaruannya.
Itulah 5 Jenis Sumber Daya Alam Dan Manfaatnya yang sanggup saya sampaikan. Semoga kita sanggup melestarikan sumber daya alam yang ada di bangsa kita. Jangan lupa selalu lestarikan apa yang dihasilkan oleh alam untuk kita dan jangan menyia-nyiakan yang telah disediakan. Terimakasih smoga bermanfaat. Selamat berjuang.

0 Response to "5 Jenis Sumber Daya Alam Dan Manfaatnya"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel