Malas Gerak? Begini Dampaknya Bagi Jantung dan Pembuluh Darah

Malas Gerak? Begini Dampaknya Bagi Jantung dan Pembuluh DarahFoto: Thinkstock

Jakarta, Apa benar malas gerak mampu memicu penyakit kardiovaskular? Apakah acara fisik atau olahraga sangat kuat terhadap kesehatan jantung dan pembuluh darah? Dan olahraga yang baik untuk kesehatan kesehatan kardiovaskular apa? Mohon penjelasannya. Terimakasih.

Lastri (Perempuan, 23 tahun)

Jawaban

Salam kenal Mbak Lastri,

Malas bergerak sangat akrab hubungannya dengan gangguan jantung dan pembuluh darah. Untuk mudahnya Mbak dapat membayangkan ketika berjalan maka otot-otot badan yang terkait yaitu tungkai akan banyak membutuhkan pedoman darah untuk mencukupi kebutuhan energi dan oksigen.

Akibatnya jantung akan berdenyut lebih cepat dan memompa darah lebih kuat ke arah tungkai dan juga ke seluruh pembuluh darah di tubuh. Sedangkan paru-paru akan 'mengambil' oksigen lebih banyak dengan meningkatkan frekuensi pernafasan kita.

Jika kita melaksanakan jalan cepat yang terprogram dengan baik, dilakukan secara teratur, terukur dan berkesinambungan maka pada karenanya badan akan menjadi lebih sehat dan juga bugar. Pesan saya ialah jangan malas, perbanyak bergerak dengan prinsip BBTT (Baik, Benar, Terukur dan Teratur) maka Mbak Lastri dibutuhkan akan menjadi lebih sehat. Amin.

dr. Michael Triangto, SpKO
Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga
Direktur Klinik Slim and Health di RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta
Koordinator Kedokteran Olahraga di PB Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI)
Anggota Tim Ahli Persatuan Golf Indonesia (PGI)
Sumber detik.com

0 Response to "Malas Gerak? Begini Dampaknya Bagi Jantung dan Pembuluh Darah"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel