Bila Masuk Program Nasional, Vaksin Dengue Bisa untuk Anak Sekolah

Bila Masuk Program Nasional, Vaksin Dengue Bisa untuk Anak SekolahAnak usia sekolah jadi sasaran vaksin alasannya yaitu data melihat banyak korbannya. (Foto: thinkstock)

Jakarta, Kementerian Kesehatan Berencana untuk segera memasukkan vaksin dengue ke dalam kegiatan imunisasi nasional. Kapan pastinya belum diketahui namun Menteri Kesehatan Profesor Dr dr Nila Moeloek, SpM(K), mengatakan jikalau sudah rampung kelak maka vaksin akan ditargetkan untuk belum dewasa usia sekolah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menkes Nila saat membuka kegiatan Asean Dengue Day di SDN 07 Cijantung, Jakarta Timur. Menurut Menkes Nila kedepannya selain memberantas sarang nyamuk menyerupai yang selama ini telah dilakukan, vaksinasi mampu digunakan sebagai langkah pencegahan tambahan.

"Mungkin nanti akan kita coba dengan vaksin. Tapi imunisasi dengue tidak mudah alasannya yaitu tipe virus ini ada empat macam dan aneka macam tipe tidak sama antara satu negara dengan negara lain. Makara di Indonesia juga terang berbeda, mana yang lebih banyak tipenya? Mana yang menjadikan (korban -red)? Ini membuat kita kesulitan imunisasi," kata Menkes Nila di SDN 07 Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (2/8/2017).

Baca juga: Kenali, Gejala Khas DBD Selain Demam dan Sakit Kepala

"Tapi kita sudah mulai coba. Untuk tipe satu dua sudah mampu tapi tiga empatnya ini yang belum. Di luar negeri memang sudah ada yang mampu tapi belum tentu sesuai dengan tipe kita di sini," lanjutnya.

Anak sekolah menjadi sasaran imunisasi alasannya yaitu menurut data banyak kasus dan korban meninggal terjadi pada anak-anak. Alasannya alasannya yaitu memang nyamuk penyebar dengue, Aedes aegypti, aktif di jam belum dewasa sekolah dan istirahat.

Belum lagi menurut Menkes Nila sekolah juga sering menjadi sumber sarang para nyamuk.

"Tempat ini kan mereka tinggalkan dari Jumat, Sabtu, Minggu nah pas belum dewasa masuk air yang tergenang sudah ada nyamuknya," kata Menkes Nila.

Baca juga: Bisa Bahaya! Jangan Mendadak Makara 'Dokter' Saat Atasi Demam Berdarah
Sumber detik.com

0 Response to "Bila Masuk Program Nasional, Vaksin Dengue Bisa untuk Anak Sekolah"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel