Infografis: Kondisi Terkini Penyakit Kusta di Indonesia

Infografis: Kondisi Terkini Penyakit Kusta di IndonesiaPenyakit kusta masih banyak di temukan di Indonesia. Foto: Thinkstock

Jakarta, Kusta yakni penyakit menular yang disebabkan oleh benjol basil Mycobacterium leprae. Penyakit ini dikategorikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai salah satu dari penyakit tropis yang terabaikan (Neglected Tropical Disease).

Penyakit kusta menyerang saraf tepi dan kulit manusia. Jika tak diobati, penyakit kusta bisa menjadikan ketaknormalan fisik yang cukup parah.

Baca juga: 14 Provinsi di Indonesia Belum Terbebas dari Kusta

Namun jangan khawatir, obat penyakit kusta kini sudah tersedia di seluruh Indonesia. Obat penyakit kusta juga diberikan gratis bagi seluruh pasien dan bisa menghilangkan 100 persen basil dari dalam badan yang membuat pasien terhindar dari kecacatan.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menargetkan seluruh provinsi di Indonesia berhasil mengeliminasi kusta pada tahun 2019. Duta WHO untuk eliminasi penyakit kusta, Yohei Sasakawa, menyebut target itu bisa dicapai asalkan pemerintah konsisten melaksanakan upaya penemuan kasus gres dan pengobatan pasien.

"Kalau penyakit kusta cepat ditemukan dan segera diobati, bisa sembuh 100 persen dan tidak mengalami kecacatan. Ingat, kusta bisa disembuhkan dan bukan merupakan kutukan atau hukuman dari Tuhan," kata Sasakawa.

Baca juga: Indonesia, Jangan Lupakan Penyakit Kusta

Untuk lebih terang melihat kondisi terkini penanganan penyakit kusta di Indonesia, simak infografis berikut ini:

Infografis data kusta di Indonesia.Infografis data penyakit kusta di Indonesia. Foto: Infografis

Sumber detik.com

0 Response to "Infografis: Kondisi Terkini Penyakit Kusta di Indonesia"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel