Kanker Kepala Leher Sulit Dideteksi Karena Masih Belum Dikenal

Kanker Kepala Leher Sulit Dideteksi Karena Masih Belum DikenalKanker kepala leher masih sulit dideteksi alasannya yakni belum dikenal. Foto: thinkstock

Jakarta, Kanker merupakan penyakit mematikan yang masih menjadi problem kesehatan di dunia. Salah satu kanker yang mampu menjadikan kematian yaitu kanker kepala leher.

Menurut profesor jago onkologi radiasi, Prof DR dr Soehartati Gondhowiardjo, SpRad(K)OnkRad bahwa walau kanker kepala leher tidak banyak diketahui orang-orang, penyakit ini termasuk penyakit berdarah cuek yang dapat menyerang siapapun.

Kanker kepala leher masih sulit untuk dideteksi. Menurut data Badan Kesehatan Dunia (WHO), terdapat kasus kanker kepala leher sebesar 10 persen per 100 ribu orang di dunia, dan 7 persennya mengalami kematian. Di Indonesia sendiri kasusnya mencapai angka 15 persen per 100 ribu orang, dan 13 persennya tidak dapat tertolong.

Baca juga: Awalnya Sariawan, Ini Kisah Aktivis Migrant Care Melawan Tumor Lidah

"Masih besarnya angka kematian kanker kepala leher alasannya yakni deteksinya sudah mencapai stadium lanjut," tutur dokter seorang jago indera pendengaran hidung tenggorokan (THT), dr Marlinda Adham, SpTHT-KL(K), PhD dalam program Perayaan Hari Kanker Kepala Leher Sedunia di Aula Departemen Radioterapi RS Cipto Mangunkusumo, Kamis (10/8/2017).

Masyarakat masih awam dengan penyakit ini, dan masih banyak yang belum mengetahui kanker apa saja yang termasuk dalam kanker kepala leher ini. Yaitu kanker sinonasal (sinus), nasofaring, mata, rongga mulut, parotis, laring, dan tiroid.

Menurut dokter yang disapa Linda itu mengatakan bahwa masyarakat Indonesia masih kurang informasi mengenai kanker satu ini dan kurangnya kesadaran akan deteksi dini dengan cara melaksanakan pemeriksaan rutin.

"Di luar negeri lebih banyak dideteksi dikala stadium dini, alasannya yakni awareness-nya, pengenalannya, kesadaran pasien untuk berobat juga sangat tinggi," imbuhnya.

Baca juga: Curahan Hati Perokok Pasif, Tak Pernah Merokok Tapi Lehernya Harus Bolong



Sumber detik.com

0 Response to "Kanker Kepala Leher Sulit Dideteksi Karena Masih Belum Dikenal"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel