Yuk Hidup CERDIK untuk Cegah Kanker Kepala Leher

Yuk Hidup CERDIK untuk Cegah Kanker Kepala LeherTerapkan contoh hidup 'CERDIK' untuk mencegah kanker kepala leher. Foto: thinkstock

Jakarta, Kanker merupakan penyakit salah satu penyakit yang dapat mengakibatkan kematian. Di Indonesia sendiri kasus kanker masih menjadi problem serius.

Salah satunya kanker kepala leher, pada tahun 2012 terdapat kasus kanker kepala leher sebesar 15 persen per 100 ribu orang, dan 13 persennya tidak dapat tertolong.

"Masih besarnya angka maut kanker kepala leher alasannya yaitu deteksinya sudah mencapai stadium lanjut," tutur dokter seorang jago indera pendengaran hidung tenggorokan (THT), dr Marlinda Adham, SpTHT-KL(K), PhD dalam program Perayaan Hari Kanker Kepala Leher Sedunia di Aula Departemen Radioterapi RS Cipto Mangunkusumo, Kamis (10/8/2017).

Baca juga: Ini Sebabnya Kanker Lidah Sering Tidak Terdeteksi

Gejala yang sering tidak disadari membuat pendeteksian penyakit ini sudah hingga stadium lanjut, sehingga penanganan dan terapi yang diberikan cukup terlambat.

Walau penyebab kanker ini yaitu papillomavirus (HPV) dan epstein-barr virus (EBV), namun contoh hidup yang tidak sehat juga mampu menjadi penyebab pemicunya kanker kepala leher.

"Terus hidup sehat hindari kanker," ujar dokter yang disapa Linda itu.

Ia menyarankan untuk menerapkan hidup 'CERDIK' untuk mencegah penyakit mematikan itu. Yang pertama yaitu cek kesehatan secara rutin. "Minimal satu tahun sekali," imbuh dr Linda.

Kemudian enyahkan asap rokok, asap rokok mengandung lebih dari 40 ribu zat kimia berbahaya yang salah satunya yaitu karsinogen yang mengakibatkan kanker.

Lalu rajin olahraga fisik dan menerapkan diet seimbang, badan harus menerima asupan nutrisi dan gizi seimbang setiap harinya. Tubuh juga harus menerima istirahat yang cukup serta kelola stres dengan baik.

Baca juga: Kanker Kepala Leher Sulit Dideteksi Karena Masih Belum Dikenal


Sumber detik.com

0 Response to "Yuk Hidup CERDIK untuk Cegah Kanker Kepala Leher"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel