Pengertian Pengendalian Sosial dengan Tujuan dan Fungsinya dalam Pelajaran Sosiologi

Selamat pagi, selamat, siang, selamat sore, selamat malam, kali ini saya akan membagikan artikel tentang Pengertian Pengendalian Sosial dengan Tujuan dan Fungsinya dalam Pelajaran Sosiologi. baiklan kita simak materinya dibawah ini, siapkan alat tulis dan cemilan


1. Pengertian Pengendalian Sosial

     Harus diketahui bahwa setia masyarakat menginginkan kehidupan yang tentram, damai, dan teratur. atas itulah masyarakat harus suatu sistem untuk mengatur semua perilaku yang menjadi tujuan tersebut. dalam hal ini, masyarakat harus ada pengendalian sosial. sebelum berbicara jauh tentang pengendalian sosial, alangkah baiknya kita paparkan pengertian pengendalian sosial secara sekilas. pengendalian sosial sering diartikan sebagai proses pengawasan dari suatu faksi terhadap faksi lain dan mengajarkan, membujuk, atau memaksa individu maupun faksi sebagai bagian dari masyarakat untuk berperilaku sesuai atas harapan masyarakat.

Pengertian Pengendalian Sosial dengan Tujuan dan Fungsinya dalam Pelajaran Sosiologi


Berikut pengertian pengendalian sosial menurut para ahli, antara lain :

1.Peter L Berger 
     Pengendalian sosial adalah berbagai cara yang digunakan masyarakat untuk menertibkan anggotanya yang menyimpang

2.Joseph Stabey Roucek
     Pengendalian sosial adalah suatu istilah kolektif yang mengacu pada proses terencana yang didalamnya individu diajarkan, dibujuk, ataupun dipaksa untuk menyesuaikan diri pada kebiasaan dan nilai hidup kelompok.

3. Horton dan Hunt
     Pengendalian sosial adalah segenap cara dan proses yang ditempuh oleh sekelompok orang tua atau masyarakat sehingga para anggotanya dapat bertindak sesuai harapan kelompok atau masyarakat.

4.Bruce J Cohen
     Pengendalian sosial adalah cara-cara atau metode yang digunakan untuk mendorong seseorang agar berperilaku selaras dengan kehendak-kehendak kelompok atau masyarakat tertentu.

B. Tujuan Pengendalian Sosial


Sangat perlu diketahui bahwa pengendalian sosial memiliki beberapa, antara lain sebagai berikut:

1. Agar masyarakat mematuhi nilai dan norma sosial yang berlaku.

     Pengendalian sosial diciptakan oleh masyarakat menitikberatkan pada orang yang melakukan penyimpangan terhadap nilai dan norma sehingga memaksa pelaku penyimpangan untuk patuh terhadap nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.

2. Agar tercipta keserasian dan kenyamanan dalam masyarakat.

     Pengendalian sosial juga mampu menciptakan situasi yang tentram dalam masyarakat apabila pengendalian sosialnya benar-benar dijalankan. Dengan adanya pengendalian sosial, biasanya pelaku penyimpangan sosial akan jera bahkan takut akan berbuat sesuatu yang tidak diinginkan oleh masyarakat.

3. Agar pelaku penyimpangan kembali mematuhi norma yang berlaku.

     Adanya pengendalian sosial dalam masyarakat diharapkan masyarakat mampu menjalankan seluruh nilai dan norma yang tertulis maupun tidak tertulis. Apabila terdapat penyimpangan terhadap nilai dan norma maka akan diberi sanksi. Contohnya, ketika sesorang telah melanggar aturan yang berlaku, ia diberi sanksi (pengendalian sosial) agar kedepannya ia tidak akan mengulangi atau akan taat pada aturan yang ada.

C. Fungsi Pengendalian Sosial

     Para pelaku penyimpangan selalu bertanya, buat apa diciptakan pengendalian sosial? karena bagi mereka hal ini hanya membuat mereka terkekang untuk melakukan tindakan pelanggaran terhadap nilai dan norma. 

Untuk itu, perlu dikatahui bahwa terdapat beberapa fungsi pengendalian sosial dalam masyarakat yaitu:

            1. Mempertebal keyakinan masyarakat terhadap norma sosial.
            2. Memberikan imbalan kepada warga yang menaati norma.
            3. Mengembangkan rasa takut untuk tdk melakukan perbuatan yg dinilai beresiko.
            4. Menciptakan sistem hukum (aturan yang disusun secara resmi dan disertai sanksi).

Demikian artikel tentang Pengertian Pengendalian Sosial dengan Tujuan dan Fungsinya dalam Pelajaran Sosiologi . semoga kurangnya dapat dimaafkan, dan semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. jangan lupa berikan komentar. 

0 Response to "Pengertian Pengendalian Sosial dengan Tujuan dan Fungsinya dalam Pelajaran Sosiologi"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel