Terbangun Karena Mimpi Buruk? Bisa Jadi karena Tidur Terlalu Lama

Terbangun Karena Mimpi Buruk? Bisa Makara alasannya yakni Tidur Terlalu LamaKurang maupun kelebihan tidur sama-sama tidak dianjurkan (Foto: thinkstock)

Jakarta, Kurang tidur memang mengganggu kesehatan, tetalu terlalu banyak tidur juga tidak lebih sehat. Dan salah satu cara untuk mengetahuinya yakni lewat mimpi.

Tidur lebih dari 9 jam sehari berafiliasi dengan munculnya mimpi buruk. Demikian yang terungkap dalam sebuah penelitian terbaru di University of Oxford.

Diduga, tidur terlalu lama memberi kesempatan bagi seseorang untuk lebih lama berada di fase Rapid Eye Movement (REM). Mimpi buruk paling sering terjadi pada fase ini.

Namun penelitian ini tidak menemukan adanya kekerabatan antara tingkat keparahan mimpi buruk dengan durasi tidur. Mimpi buruk yang lebih parah, lebih berafiliasi dengan kegelisahan, halusinasi, dan paranoia.

Baca juga: Penjelasan Ilmiah di Balik Fenomena Mimpi Buruk

Dalam penelitian ini, para ilmuwan menganalisis 846 orang melalui survei. Dikutip dari Dailymail, pra partisipan diminta memperlihatkan keterangan ihwal pengalaman mimpi buruk, dan hal-hal lain terkait tidur.

Temuan ini dipublikasikan di jurnal Social Psychiatry Psychiatric Epidemiology.

Baca juga: Hanya Punya Waktu 6 Jam untuk Tidur? Siap-siap Pinggang Melebar 3 Cm


Sumber detik.com

0 Response to "Terbangun Karena Mimpi Buruk? Bisa Jadi karena Tidur Terlalu Lama"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel