Wahai Cowok-cowok Berewok, Ini Saran Dokter Soal Kesehatan Kulit Wajah

Wahai Cowok-cowok Berewok, Ini Saran Dokter Soal Kesehatan Kulit WajahDirawat dengan tepat, berewok dapat meningkatkan penampilan maskulin seorang pria. (Foto: thinkstock)

Jakarta, Di balik tampangnya yang seram, pria berewok dinilai oleh sebagian lawan jenis memiliki sisi yang maskulin. Namun memelihara berewok bukanlah perkara yang mudah, butuh perhatian yang ekstra dalam menjaga kebesihannya.

Dokter seorang andal kulit, dr Galih Manggala SpKK mengatakan bahwa karena berewok tumbuh di sekitar area muka dan amat rentan terkena kotoran maka harus rajin membersihkan muka.

"Yang pertama sebelum mencukur, kita harus bersihkan wajah dulu menggunakan sabun. Tujuannya biar kotoran yang melekat pada kulit dapat hilang sebelum mencukur," tutur pria yang bersahabat disapa dr Galih itu.

Kemudian, lanjut dr Galih, alat-alat yang digunakan untuk mencukur berewok harus senantiasa dalam keadaan steril. Setidaknya diganti secara terencana setelah 5 kali penggunaan.

"Gunakan alat cukur yang bersih. Jika menggunakan alat cukur yang disposable, seyogyanya ganti secara berkala. Misalkan lima kali penggunaan diganti dengan alat yang baru, jangan lupa bersihkan sebelum atau sesudah mencukur," kata dr Galih.

Baca juga: Kata Dokter Jika Kebersihan Kulit Wajah Tidak Terjaga

Menurut dokter asal Malang, Jawa Timur ini, kalau alat mencukur berewok lupa dibersihkan maka basil akan menumpuk dan berkembang biak pada psiau atau alat cukur tersebut. Nah basil ini dapat menimbulkan tekanan kulit yang disebut sebagai folikulitis.

"Folikulitis ialah peradangan pada folikel rambut. Peradangan ini disebabkan bakteri, terutama pada proses mencukur karena kulit akan sedikit terluka dan akan memudahkan basil untuk masuk," imbuh dr Galih.

Selain itu, setelah mencukur mampu gunakan moisturizer atau pelembab. Biasanya yang paling sering ialah pelembab yang mengandung aloe vera. Sebab kandungan aloe vera relatif mengurangi gejala iritasi akhir pencukuran.

"Misalkan terasa ketat, terasa kaku, karena beliau akan lebih melembabkan pada kulit yang dicukur," pungkas dr Galih.

Baca juga: Benarkah Mencukur Tiap Hari Bikin Jenggot Makin Tebal?
Sumber detik.com

0 Response to "Wahai Cowok-cowok Berewok, Ini Saran Dokter Soal Kesehatan Kulit Wajah"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel