Bahaya Penyakit Meningitis pada Bayi, Kenali Tanda-tandanya, Cara Menghindari, dan Cara Mengobati yang Benar

Bahaya Penyakit Meningitis pada Bayi, Kenali Tanda-tandanya, Cara Menghindari,  dan Cara Mengobati yang Benar- Penyakit meningitis merupakan peradangan atau jerawat pada episode membran meninges yang mengelilingi serta melindungi otak dan juga sumsum tulang belakang.  Untuk kasus pada bayi, terutama bayi yang gres lahir, kondisi meningitis akan menjadi penyakit yang serius dan apabila lambat ditangani akan menjadikan kematian.
Bahaya Penyakit Meningitis pada Bayi, Kenali Tanda-tandanya, Cara Menghindari,  dan Cara Mengobati yang Benar
Penyakit meningtis yang terjadi pada bayi dengan usia kurang dari 3 bulan, dalam dunia medis disebut dengan meningitis neonatal. Sebagai orang renta sangat penting mengenali lebih dalam mengenai penyakit ini, Dengan begitu Anda mampu secara dini mengambil tindakan yang sempurna apabila ada tanda atau gejal penyakit ini pada buah hati Anda. Karena penganan yang benar dan lebih dini mampu memperbesar kemungkinan dalam menyembuhkan penyakit ini.

Gejala Penyakit Meningitis Pada Bayi
Bayi sering mengalami lesu, muntah-muntah,ruam, kesulitan untuk bernapas,
menggigil, demam yang tinggi, sakit kuning
Menangis,kejang,menjerit-jerik menyerupai kesakitan.
Sakit kepala serta mata sensitif terhadap cahaya.
Ubun-ubun pada bayi yang masih terbuka mungkin nampak menonjol dan keras
Masa inkubasi sekitar 2-14 hari.

Penyebab Penyakit Meningitis Pada Bayi
Meningitis neonatal ialah penyakit meningitis yang sering terjadi pada bayi yang gres lahir, untuk meningitis jenis ini disebabkan oleh virus atau jerawat yang di timbulkan jawaban paparan bakteri. Virus atau jerawat yang menjadikan timbulnya penyakit meningitis pada bayi dikenal dengan coxsackie serta herpes simplex. Sementara itu untuk jenis kuman yang menjangkit bayi gres lahir ialah hasil dari kuman B. streptococcus,E.coli,bakteri HiB. Hal yang di takutkan dari kuman meningitis neonatal ini ialah dapat menular melalui plasenta ketika bayi yang terjangkit itu masih berada dalam rahim atau selama dalam proses persalinan.

Tindakan pertama untuk menolong bayi yang terkena meningitis:
Segera lakukan pemeriksaan kedokter dan berikutnya lakukan pengujian di laboratorium.

Cara menangani penyakit meningitis neonatal:
Apabila hasil diagnose dokter menyatakan jikalau buah hati anda terkena meningitis neonatal, maka sebaiknya segera dilakukan penanganan secara intensif dengan di rawat inap sebagai penanganan awal.

Biasanya untuk pasien Meningitis Neonatal yang masih bayi, akan dilakukan bantuan antibiotik spektrum. Dan apabila telah diketahui jikalau penyebab Meningitis Neonatal ini karena bakteri, maka biasanya dokter akan menunjukkan antibiotik khusus untuk menangani kuman ini.

Dan apabila setelah dilakukan pemeriksaan di temukan penyebabnya karena virus, maka akan dilakukan pengobatan dengan menunjukkan anti-virus asiklovir. Untuk penanganan Meningitis Neonatal yang disebabkan oleh virus biasanya memang agak sulit, dan pada kebanyakan kasus bantuan antivirus hanya berfungsi untuk meringankan gejala dan menjaga bayi semoga hangat dan terhidrasi jawaban virus tersebut.

Pencegahan untuk penyakit meningitis neonatal pada bayi:
Untuk mengindari resiko pada bayi yang terjangkitnya virus ataupun kuman yang menjadi penyebab meningitis neonatal, maka biasanya dokter akan melaksanakan tes grup B strep ketika ibu masih hamil mendekati usia kelahiran. Dan apabila ketika pengujian, bayi tersebut positif terinfeksi virus,maka ibu hamil akan diberikan obat-obatan anti-viral, atau lebih disarankan melaksanakan persalinan secara Caesar untuk mencegah penularan jerawat virus pada bayi.

Pencegahan penyakit meningitis pada ibu hamil :
  • Melakukan imunisasi HiB/pneumokokus.
  • Menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan,terutama ketika sebelum makan.
  • Hindari kontak dengan seseorang yang sakit.
  • Menjaga pola hidup sehat. Yaitu meliputi pola makan yang sehat dan gaya hidup yang sehat.
  • Pola makan yang sehat misalnya, mengkonsumsi makanan yang bergizi, banyak mengandung nutrisi, vitamin dan lainnya yang di perlukan oleh badan serta banyak minum air putih.
  • Sedangkan gaya hidup sehat, contohnya tidur malam minimal 8 jam, olahraga yang teratur, tidak merokok, tidak minum alkohol, dan lainnya, yang intinya menghindari hal-hal yang mampu merugikan kesehatan.
Demikian gosip mengenai penyakit Meningitisi Neonatal ini, diperlukan anda para orangtua tidak terlalu khawatir dan sudah siap melaksanakan tindakan yang terbaik untuk si buah hati semoga terhindar dari penyakit berbahaya ini.  Terimakasih dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Bahaya Penyakit Meningitis pada Bayi, Kenali Tanda-tandanya, Cara Menghindari, dan Cara Mengobati yang Benar"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel