Teori Permintaan dan Penawaran Materi Ekonomi

  Selamat membaca, kesempatan awal saya mengenai ekonomi, membahas tentang Teori Permintaan dan Penawaran Materi Ekonomi.
Permintaan dan Penawaran Materi Ekonomi.

  Apa yang ada dibenak kalian mengenai Materi Ekonomi? Uang? ya, itu pun bisa termasuk ke dalam materi pelajaran Ekonomi. Bahkan apa yang saya bahas mengenai Teori Permintaan dan Penawaran pun tidak luput masuk ke dalam materi pelajaran Ekonomi. Baiklah, karena waktu terus berjalan maka akan saya bahas.

1. Permintaan

Permintaan

A. Pengertian Permintaan

    Permintaan adalah sejumlah barang dan jasa yang diinginkan untuk dibeli atau dimiliki pada berbagai  tingkat harga yang berlaku di pasar dan waktu tertentu. Permintaan pun dapat dibagi menjadi 2 (dua) macam, yaitu :
  1. Permintaan Absolut (Absolut Demand), yaitu seluruh permintaan terhadap barang dan jasa baik yang berternaga beli/berkemampuan membeli, maupun yang tidak berternaga beli.
  2. Permintaan Efektif (Effective Demand), yaitu permintaan terhadap barang dan jasa yang disertai kemampuan membeli.

B.  Hukum Permintaan (The Law of Demand).

"Apabila harga mengalami penurunan, maka jumlah permintaan akan naik/bertambah, dan sebaliknya apabila harga mengalami kenaikan, maka jumlah permintaan akan turun/berkurang".
  Maka dari itu, hukum permintaan tidak berlaku mutlak, tetapi bersifat tidak mutlak dan dalam keadaan cateris paribus (faktor-faktor lain dianggap tetap).

Contoh hukum permintaan berbanding terbalik dengan harga :

  "Jika harga kendaraan turun dari mahal ke murah, jumlah yang membeli semakin banyak, dan sebaliknya jika harga kendaraan naik dari murah ke mahal, maka jumlah yang membeli semakin sedikit". Mengertikan?

C. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan

  Manusia adalah makhluk sosial yang dinamis, sehingga terjadi perubahan-perubahan yang dapat mempengaruhi kebutuhan hidupnya.

Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan, yaitu :
  1. Harga barang itu sendiri. Naik atau turunnya harga barang/jasa akan mempengaruhi banyak/sedikitnya terhadap jumlah barang yang diminta.
  2. Pendapatan Masyarakat. Pendapatan Masyarakat mencerminkan daya beli masyarakat. Tinggi/rendahnya pendapatan masyarakat akan mempengaruhi kualitas maupun kuantitas permintaan.
  3. Intensitas Kebutuhan. Mendesak atau penting tidaknya kebutuhan seseorang terhadap barang/jasa, mempengaruhi jumlah permintaan. Sehingga pengaruhnya terhadap jumlah permintaan yang berbeda.
  4. Distribusi Pendapatan. Makin merata pendapatan, maka jumlah permintaan semakin mengingkat, sebaliknya pendapatan yang hanya diterima/dinikmati oleh kelompok tertentu maka secara keseluruhan jumlah permintaan akan turun.
  5. Pertambahan Penduduk. Jumlah penduduk akan mempengaruhi jumlah permintaan. Maka banyak penduduk, maka jumlah permintaan akan meningkat. 
  6. Selera (Taste). Perkembangan mode, pendidikan, dan lingkungan akan mempengaruhi selera masyarakat yang akan mempunyai pengaruh terhadap jumlah permintaan.
  7. Barang Pengganti (Substitusi). Adanya barang pengganti akan berpengaruh terhadap jumlah permintaan. Pada saat harga naik, barang pengganti akan sangat berpengaruh.
Contoh :
  1.  Pada saat harga beras naik sangat tinggi, maka masyarakat yang tidak mampu akan beralih membeli jagung sebagai pengganti beras.
  2. Pada saat harga buku tulis dengan kertas putih meningkat naik harga, maka masyarakat yang tidak mampu akan beralih membeli buku dengan kertas koran.

  D. Kurva Permintaan

  Kurva ini menggambarkan hubungan fungsional antara harga dan jumlah barang yang diminta. Kurva ini menurun dari kiri atas ke kanan bawah yang berarti bahwa makin rendah harga (P), makin banyak jumlah yang diminta (Q). Mengapa demikian? Karena :
  • Orang yang bermula-mula tak mampu membeli dengan harga turun, maka menjadi mampu membeli atau dari pembeli potensil menjadi pembeli real.
  • Orang yang tadinya membeli barang lain karena tingkat kemampuannya, sekarang menjadi membeli karena mampu.

E. Pergeseran Kurva Permintaan 

  Jika faktor-faktor lain berubah, maka kurva permintaan juga akan mengalami perubahan/pergeseran. Kurva permintaan dapat berubah karena :
  1. Perubahan Harga, karena harga yang tidak akan bisa stabil (naik/turun).
  2. Perubahan  Pendapatan Masyarakat, pendapatan masyarakat akan mengakibatkan perubahan permintaan.

2. Penawaran 

Penawaran

 

 

 

 

 

 

 

A. Pengertian Penawaran

  Penawaran adalah sejumlah barang dan jasa yang disediakan untuk dijual pada berbagai tingkat harga pada waktu dan tempat tertentu.Jumlah penawaran sebagai akibat adanya permintaan dan sebaliknya, sehingga antara penawaran dan permintaan tidak dapat dipisahkan.

B. Hukum Penawaran

"Semakin tinggi harga suatu barang, semakin banyak jumlah barang tersebut akan ditawarkan oleh para penjual. Sebaliknya, makin rendah harga suatu barang semakin sedikit jumlah barang tersebut yang ditawarkan".

C. Faktor-Faktor yang mempengaruhi penawaran

Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran, yaitu :
  1. Harga barang.
  2. Harga barang lain yang terkait.
  3. Harga faktor produksi.
  4. Biaya produksi.
  5. Teknologi produksi.
  6. Jumlah pedagang/penjual.
  7. Tujuan perusahaan.
  8. Kebijakan pemerintah.

 D. Kurva Penawaran

Kurva penawaran dapat didefinisikan sebagai :

"Suatu kurva yang menunjukan hubungan diantara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang ditawarkan".

KESEIMBANGAN PERMINTAAN DAN PENAWARAN

  Dalam ilmu ekonomi, harga keseimbangan atau harga ekuilibrium adalah harga yang terbentuk pada titik pertemuan kurva permintaan dan kurva penawaran. terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan antara pembeli (konsumen) dan penjual (produsen).

  Dengan kata lain, Harga keseimbangan adalah harga dimana baik konsumen maupun produsen sama-sama tidak ingin menambah atau mengurangi jumlah yang dikonsumsi atau dijual.

Demikianlah, penjelasan saya mengenai Teori Permintaan dan Penawaran Materi Ekonomi. Semoga bermanfaat guys!!!

0 Response to "Teori Permintaan dan Penawaran Materi Ekonomi"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel