Kusta, Penyakit Tropis Terabaikan yang Masih Ada di Indonesia

Kusta, Penyakit Tropis Terabaikan yang Masih Ada di IndonesiaKusta merupakan penyakit tropis yang masih terabaikan di Indonesia. Foto: Thinkstock

Jakarta, Mendengar kata kusta, yang terlintas di pikiran kita ialah penyakit zaman romawi kuno yang membuat pengidapnya berwajah buruk dan mengalami kecacatan. Anggapan ini tidak salah, namun juga tidak sepenuhnya benar.

Kusta merupakan salah satu dari 17 neglected tropical disease (penyakit tropis terabaikan) versi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Penyakit tropis terabaikan merupakan penyakit yang sudah ada semenjak berabad-abad yang lalu dengan jumlah pasien yang tidak banyak, namun penyakitnya juga belum sepenuhnya hilang.

Penyakit kusta ditandai dengan munculnya bercak badan di seluruh badan akhir abses kuman Mycobacterium leprae. Bakteri ini menyerang kulit dan saraf tepi, yang jikalau tak ditangani dapat membuat pengidapnya mengalami kecacatan.

Baca juga: Fakta-fakta Soal Kusta yang Wajib Anda Ketahui

Berdasarkan data WHO, Indonesia berada di peringkat ke-3 dalam 10 besar negara dengan kasus kusta terbanyak. Peringkat pertama diduduki oleh India, dengan Brazil berada di peringkat kedua.

Di Indonesia sendiri prevalensi nasional untuk kusta berada di angka 0,78 per 10.000 penduduk. Namun jikalau dilihat per provinsi, masih ada 14 provinsi yang prevalensi kasus kustanya di atas 1 per 10.000, lebih tinggi daripada prevalensi nasional.

"Kalau berdasarkan data, Jawa Timur, Kalimantan Utara dan semua tempat Sulawesi, Maluku dan Papua itu belum mampu mengeliminasi kusta. Namun dari tahun lalu dalam RPJMN 2015-2019, sudah ditargetkan eliminasi per provinsi," tutur dr Subuh, administrator jenderal Pencegahan dan Penularan Penyakit, Kementerian Kesehatan RI, dalam temu media Hari Kusta Sedunia bulan Januari lalu.

Baca juga: 4 Tantangan Eliminasi Penyakit Kusta di Indonesia

Pemerintah melalui Kemenkes menargetkan Indonesia bebas kusta pada tahun 2019. Dalam kunjungannya ke Provinsi Maluku Utara baru-baru ini, Duta WHO untuk Eliminasi Penyakit Kusta, Yohei Sasakawa, mengatakan dengan perencanaan yang sempurna dan upaya maksimal, target tersebut mampu dicapai.

Sasakawa mengatakan ketika ini sudah ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit kusta sampai 100 persen. Bahkan obat tersebut tersedia gratis dan pasien tidak perlu membayar biaya pengobatan.

"Kalau penyakit kusta cepat ditemukan dan segera diobati, mampu sembuh 100 persen dan tidak mengalami kecacatan. Ingat, kusta mampu disembuhkan dan bukan merupakan kutukan atau hukuman dari Tuhan," ungkap Sasakawa.

Untuk membahas lebih dalam soal penyakit kusta, situasinya di Indonesia dan bagaimana penanganannya, simak ulasan khas detikHealth kali ini ya.

Baca juga: Indonesia, Jangan Lupakan Penyakit Kusta



Sumber detik.com

0 Response to "Kusta, Penyakit Tropis Terabaikan yang Masih Ada di Indonesia"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel