Siapa Bilang Merokok Bikin Orang Jadi Pemberani? Studi Ini Berkata Lain

Siapa Bilang Merokok Bikin Orang Kaprikornus Pemberani? Studi Ini Berkata LainIlustrasi rokok/Foto: Thinkstock

Jakarta, Banyak perokok yang beranggapan bahwa menghisap tembakau akan membangkitkan jiwa pemberani mereka. Tetapi sebuah riset justru berkata lain.

Penelitian dilakukan oleh Dr Jan Haaker dari University Medical Centre, Hamburg-Eppendorf, dengan mengamati respons ketakutan yang terlihat pada 376 responden sehat. Seperlima di antaranya merupakan perokok aktif.

Masing-masing responde diperlihatkan sejumlah simbol di layar monitor. Namun ketika simbol-simbol tertentu diperlihatkan, responden akan menerima sensasi setrum dari listrik. Hal ini memicu ketakutan tersendiri bagi responden.

Untuk melengkapi data mereka, tiap responden juga diminta menilai seberapa tinggi tingkat stres, ketakutan dan ketegangan mereka selama menjalani tes. Keesokan harinya, tes yang sama diulangi lagi tetapi tanpa sensasi setrum untuk menghilangkan stress berat responden.

Ternyata, sebagian besar responden yang juga perokok menyampaikan respons takut yang lebih besar dibanding bukan perokok. Begitu juga ketika tes hari kedua dilakukan. Mereka kurang bisa menghilangkan ketakutan yang terlanjur tumbuh di hari sebelumnya.

"Rokok dapat menghambat kemampuan otak untuk mengelola rasa takut yang berkaitan dengan memori atau kenangan tertentu, utamanya ketika ancaman itu sebetulnya sudah tidak ada," ungkap Haaker menyerupai dilaporkan Daily Mail.

Akibatnya, ketika dihadapkan pada kejadian traumatis, yang bersangkutan kurang bisa mengelola rasa takut dan kecemasan yang dimilikinya.

Baca juga: Berhenti Merokok Bikin Berat Badan Bertambah, Benarkah?

Selain itu, makin buruk dan makin lama kebiasaan merokok yang dilakukan, makin besar pula dampaknya terhadap otak. Pada kesannya mereka berisiko tinggi mengalami gangguan mental yang buruk menyerupai fobia atau PTSD (post-traumatic stress disorder).

Di sisi lain, merokok menjadi kebiasaan yang menetap pada orang-orang dengan PTSD.

Namun Haaker dan timnya mengklaim, mereka yang mengidap stress berat bisa didorong untuk berhenti merokok jikalau ingin pengobatannya lebih efektif, bahkan pada sebagian orang menghentikan kebiasaan ini bisa mencegah seseorang terserang PTSD.

Baca juga: Demi Kesehatan, Alasan Artis-artis Ini Berhenti Merokok
Sumber detik.com

0 Response to "Siapa Bilang Merokok Bikin Orang Jadi Pemberani? Studi Ini Berkata Lain"

Post a Comment

Tulislah Komentar Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel